6 Manfaat Terapi Es yang Cocok Diterapkan oleh Penderita Kecemasan Berlebih hingga Depresi

6 Manfaat Terapi Es yang Cocok Diterapkan oleh Penderita Kecemasan Berlebih hingga Depresi

Seorang wanita yang sedang melakukan mandi air es sebagai salah satu penerapan terapi es-Everyday Health-www.everydayhealth.com

HARIAN DISWAY- Bagi penderita panic attack kerap kali alami kecemasan berlebih. Bahkan, berujung stress dan depresi. Biasanya diatasi dengan obatan-obatan

Penderita panic attack terkenal dengan ketergantungan obat. Bahkan mereka meminum alkohol secara berlebihan. Yang justru merusak tubuh sendiri.

Hal yang yang dirasakan Kayla Lyons. Dia sering kali alami panic attack. Biasanya dia meminum obat Clonazepam. Obat generik untuk mengobati kejang dan serangan panik.

Kecanduan Kayla akan obat terbilang cukup parah. “Kecemasan saya berlebihan. Sehingga saya benar-benar tidak bisa bertahan lebih dari satu atau dua hari tanpa minum obat,” ujarnya kepada Insider.

Perasaan yang dirasakan Kayla cenderung mengganggu aktivitasnya. Misalnya, dia mengalami serangan panik saat sedang mengemudi sendirian. Dia juga sering kali mengalami detak jantung yang cepat dan rasa takut yang akut.

Kini serangan panik itu dapat diatasi oleh Kayla tanpa perlu obat-obat. Dia beralih menggunakan es batu. Dia melakukan terapi es.

Dia sangat bersyukur dapat berhenti mengonsumsi obat-obatan sekarang. Baginya terapi es sangat cocok sebagai pengganti obat-obatan.

BACA JUGA: Cegah Alami Depresi, Sebuah Studi Bagikan Caranya Melalui 7 Kebiasaan Gaya Hidup Sehat di Bawah Ini

“Saya selalu membawa kompres es atau sekantong es ke mana pun saya pergi. Ataupun, saya juga selalu menggunakan mandi air dingin pada saat panic attack saya kambuh,” tuturnya.

Kayla mengaku manfaat terapi es sungguh luar biasa. Mulai dari dia mulai bisa mengatur emosinya, dia mampu menghadapi ketakutannya, dan meningkatkan kesehatan fisiknya.

Seorang profesor neurobiologi dan oftalmologi di Stanford School of Medicine, Andrew Huberman, mengatakan hanya butuh akumulasi waktu 11 menit seminggu untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari terapi es.

Huberman yang juga pembawa acara podcast "Huberman Lab mengatakan ke Insider bahwa, “Selama seminggu, 11 menit bisa dibagi 7 hari. Dilakukan secara bertahap. Mulai dari satu hingga lima menit. Tidak perlu sampai badan terasa menggigil.” 

Huberman membagikan 6 manfaat terapi es bagi tubuh. Apa saja?

Mengurangi peradangan tubuh dan cegah gejala depresi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: www.insider.com