Munas Alim Ulama NU Sukses Digelar, Berikut Beberapa Rekomendasinya

Munas Alim Ulama NU Sukses Digelar, Berikut Beberapa Rekomendasinya

Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf bersama jajaran dalam keterangan pers setelah Munas Alim Ulama dan Konbes 2023-TVNU-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Munas Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama (NU) telah selesai digelar pada pada 18 hingga 19 Desember 2023. 

Forum pertemuan ulama NU terbesar kedua setelah Muktamar 5 tahunan tersebut membahas berbagai persoalan kontemporer yang meliputi persoalan keagamaan, kenegaraan, hukum dan perundang-undangan, serta isu-isu yang menjadi perhatian masyarakat. 

“Munas telah menghasilkan beberapa keputusan yang bernas dan berkualitas. Ini menjadi sumbangsih kita pada rakyat, pada negara, dan kepada kemanusiaan,” jelas Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf, Selasa, 19 Desember 2023. 

BACA JUGA:Kasus Korupsi LNG, Eks Dirut Pertamina Karen Agustiawan Jadi Tahanan KPK

Dari beberapa sidang komisi, Munas Alim Ulama NU 2023 menghasilkan beberapa keputusan penting. Antara lain:  

Menolak Kebijakan 5 Hari Sekolah 

Isu ini dibahas dalam forum Bahtsul Masa’il (musyawarah perumusan persoalan hukum) Qanuniyah (hukum/perundang-undangan).

Adapun regulasi yang dibahas adalah kebijakan terkait 5 hari sekolah yang berkonsekuensi diterapkannya jam belajar yang lebih panjang, yakni Full Day School. 

Wacana Full Day School kembali mengemuka pasca keluarnya Peraturan Presiden yang menyangkut tentang Hari Kerja dan Jam Kerja Instansi Pemerintah dan Pegawai Aparatur Sipil Negara alias Perpres Nomor 21 tahun 2023. 

Dengan 5 hari kerja seminggu, ada wacana agar sekolah juga mengikuti dengan menerapkan 5 hari sekolah dengan jam belajar hingga sore hari. 

BACA JUGA:Derby Persebaya vs Arema Boleh Digelar di GBT, ini Pesan Eri Cahyadi Pada Bonek-Bonita

“Rekomendasi kami pada Munas adalah tidak melaksanakan Full Day School sebagai penerjemahan kebijakan 5 hari kerja,” kata Ketua Komisi BM Qanuniyah KH. Abdul Ghaffar Razin. 

Salah satu dari alasan penolakan PBNU akan 5 hari sekolah ini adalah potensinya untuk meniadakan pendidikan karakter di Madrasah Diniyah yang biasanya dilakukan pada sore hari selepas pulang sekolah.

Tanya Hukum Agama Pada AI 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: