Peneliti AS: Ngobrol Lebih Membahagiakan Ketimbang Main HP

Peneliti AS: Ngobrol Lebih Membahagiakan Ketimbang Main HP

Ilustrasi berbincang dengan orang lain dapat meningkatkan suasana hati--iStock

HARIAN DISWAY - Di era digital ini, kita sering kali tergoda untuk menghabiskan waktu lama dengan smartphone kita.

Namun, apa yang kita cari melalui gawai canggih ini ternyata tidak selalu cukup untuk menciptakan suasana hati yang baik. Lalu, apa solusinya? Jawabannya adalah ngobrol.

Dilihat dari besarnya minat orang dalam menggunakan handphone, awalnya kita mungkin berasumsi bahwa gadget kita akan memberikan kita kebahagiaan yang lebih.

Namun, penelitian yang dilakukan oleh Franklin College of Arts and Sciences University of Georgia, Amerika Serikat membuktikan sebaliknya: berbicara dengan orang lain justru dapat lebih meningkatkan suasana hati seseorang.

"Kami ingin memahami bagaimana orang membuat pilihan mereka - baik dalam hal bagaimana mereka ingin merasa dan kemudian sebenarnya merasa setelah melakukan aktivitas tertentu," kata Christina Leckfor, seorang mahasiswa doktoral yang dilansir dalam UGA Today, situs berita University of Georgia.

BACA JUGA:UU Kesehatan Persiapkan Indonesia Hadapi Wabah Bila Terjadi Sewaktu-waktu dan Penyelenggaraan Kesehatan Matra

BACA JUGA:Bila Panic Attack Serang Anak dan Remaja, Orang Tua Bisa Berikan Bantuan Kok

Dalam Journal of Social Psychology, penelitian dilakukan untuk memahami bagaimana persepsi kita terhadap berbagai aktivitas sehari-hari.

Para peneliti membagi peserta penelitian menjadi empat kelompok, dan setiap kelompok diminta untuk memberi peringkat pada aktivitas yang mereka pilih, dari yang paling tidak menyenangkan hingga sejauh mana mereka berharap merasa positif atau negatif setelah melakukannya.

Hasilnya mengejutkan: "Berkomunikasi dengan orang lain meningkatkan emosi positif sekitar lima poin," ungkap Leckfor.

"Namun, yang lebih mengejutkan adalah bahwa orang-orang sebenarnya lebih akurat dalam memprediksi perasaan mereka daripada yang kita kira sebelumnya," tambahnya.

BACA JUGA:6 Manfaat Terapi Es yang Cocok Diterapkan oleh Penderita Kecemasan Berlebih hingga Depresi

BACA JUGA:Bukan Sekadar Penyedap Masakan, Berikut Aneka Manfaat Lemon Buat Kesehatan

Dalam situasi diberikan tiga pilihan: menggunakan handphone, duduk sendirian, atau berbicara dengan orang asing, melakukan percakapan dengan orang lain ternyata menduduki peringkat tertinggi dalam meningkatkan emosi positif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: