Kebakaran Gunung Lagi! Kini Giliran Hutan di Lereng Gunung Agung di Karangasem, Provinsi Bali

Kebakaran Gunung Lagi! Kini Giliran Hutan di Lereng Gunung Agung di Karangasem, Provinsi Bali

Gunung Agung terbakar. Petugas BPBD Karangasem, Bali memantau kondisi hutan Lereng Gunung Agung di petak RPH Kecamatan Kubu, Karangasem yang terbakar sejak Kamis, 28 September 2023-BNPB-

HARIAN DISWAYKebakaran hutan dan lahan (karhutla) terus terjadi di Indonesia bagian selatan. Setelah beberapa kebakaran di Pulau Jawa, kini kebakaran lahan hutan yang kering terjadi di Lereng Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali. 

BPBD Provinsi Bali melaporkan dua kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada dua titik berbeda di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem

Petugas gabungan setempat masih melakukan upaya pemadaman di wilayah terdampak hingga Jumat, 29 September 2023. 

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Karangasem melaporkan titik api terpantau di kawasan lereng Gunung Agung setidaknya sejak Kamis, 28 September. 

BACA JUGA:Satgas Antimafia Bola Resmi Tetapkan 6 Tersangka Buntut Kasus Pengaturan Skor Liga 2

Api pertama kali teridentifikasi pada pukul 08.00 WITA. Titik api pertama terpantau di di Dusun Juntal, Desa Kubu, Kecamatan Kubu. 

Informasi temuan titik api pertama kali dilaporkan Babinsa Kubu yang melihat adanya asap tebal di bagian lereng gunung. BPBD Bali masih belum mengetahui penyebab karhutla tersebut. 


Petugas melakukan pemadaman manual dengan ranting dan daun di petak RPH Kubu, Lereng Gunung Agung, Karangasem, Bali-BNPB-

Kawasan yang terbakar merupakan hutan lindung di lereng Gunung Agung. Titik api berada jauh dari pemukiman penduduk dan berada di tapal batas lahan penduduk.

Tim gabungan segera diterjunkan untuk memadamkan api. Mereka berasal dari BPBD Kabupaten Karangasem, dinas pemadam kebakaran, RPH Kubu, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan masyarakat setempat. 

BACA JUGA:HUT Ke-25, Google Bagi-bagi Saldo Gratis, Ada Panduan Cara Klaimnya, Anda Mau?

“Pemadaman terhambat akses jalan menuju titik api. Selain itu, lokasi kawasan terbakar berada jauh di atas lereng gunung,” kata Kapusdatinkom BNPB Abdul Muhari dalam keterangan resmi. 

Sementara itu, titik kedua kebakaran hutan terjadi di wilayah Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Daya yang berada pada Unit Pelaksana Teknis Daerah Kesatuan Pengelolaan Hutan Bali Timur. 

Peristiwa kebakaran terjadi di Dusun Belong, Desa Ban dan Dusun Juntal, Desa Kubu. Kedua desa ini berada di Kecamatan Kubu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: