Motif Etnik Curi Perhatian di Surabaya International Jewellery Fair 2023

Motif Etnik Curi Perhatian di Surabaya International Jewellery Fair 2023

Motif etnik dalam pameran perhiasan Surabaya International Jewellery Fair 2023 di Hotel Shangri-La.-Ahmad Rijaludin Erlangga-Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Langgam etnik untuk perhiasan memang tak pernah pudar. Itu tampak pada Surabaya International Jewellery Fair 2023 di Hotel Shangri-La, 28 September-1 Oktober 2023.

Berbagai perusahaan, baik yang berskala kecil sampai gede, ikut unjuk produk. Baik dari dalam hingga luar negeri.

PT Antam Tbk, misalnya, merilis emas 10 gram berbentuk persegi dengan motif batik. Ada yang dinamakan motif Huk, Bokor Kencono, Srimanganti dan lain-lain. Masing-masing coraknya punya filosofi. Sebagaimana motif batik yang sudah lama mengakar di masyarakat.

Perhiasan motif etnik Bali dipajang oleh tenant asal Gianyar, Kahyangan Jewelry. Dua di antaranya adalah setelan bros yang harganya mencapai Rp 60 juta. Bentuk ornamentiknya menyerupai pernik-pernik aksesori penari Bali. 

BACA JUGA : Perhiasan Unik Dengan Desain Etnik Meriahkan Surabaya International Jewellery Fair 2023

Dua jam setelah dibuka pada pukul 10.00, Kahyangan Jewerly berhasil menjual empat produknya.


Motif bros khas Bali yang dipamerkan di ajang Surabaya International Jewellry Fair 2023.-Ahmad Rijaludin Erlangga-Harian Disway-

Salah satu perusahaan perhiasan dari Jepang adalah Kaisei. Mereka mengusung mutiara Akoya. Juga beberapa jenis mutiara dari Laut Selatan. Mutiara Akoya memiliki warna yang lebih cerah dan berkilauan. Sedangkan mutiara Laut Selatan berwarna buram namun artistik.

"Sesuai dengan negara asal perusahaan kami, para staf di sini mengenakan simple kimono. Berwarna cerah, seperti Akoya," ujar Ida Ayu Padma Saraswati, International Manager Kaisei.

Produk cincin mutiara Akoya dihargai sekitar Rp 10 juta. Desain cincinnya sederhana, seperti bentuk ornamen khas Jepang yang tak terlalu meliuk-liuk. 

Hari pertama Surabaya International Jewellery Fair 2023 dipenuhi pengunjung. Membuktikan bahwa Kota Pahlawan dan Jawa Timur adalah potensi pasar yang besar di bidang perhiasan. Apalagi hari ini harga emas turun Rp 8 ribu dibanding hari sebelumnya. (Guruh Dimas Nugraha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: