Hadiri KTT AIS Forum 2023, PM Sao Tome dan Beberapa Delegasi Negara Lain Tiba di Bali

Hadiri KTT AIS Forum 2023, PM Sao Tome dan Beberapa Delegasi Negara Lain Tiba di Bali

Perdana Menteri Sao Tome, Emery Trovoada (tengah) bersama istri Nana Oumu Toure Trovoada (kiri) disambut Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar (kanan) setibanya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu (08/10/2023) -Dok. Media Center KTT AIS Forum 2023-

HARIAN DISWAY - Partice Emery Trovoada, Perdana Menteri (PM) Sao Tome hadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali pada 10-11 Oktober 2023.

Partice tiba di Bali pada pukul 17.00 WITA di Badung, Bali pada Minggu, 8 Oktober 2023, disambut langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. 

BACA JUGA: KTT AIS Forum 2023: Negara Anggota Dukung Pengembangan ARHEA, Drone Canggih Pemantau Kondisi Air Laut Buatan RI

Selang beberapa menit kemudian, tiba Residen United Nations Development Programme (UNDP) Perwakilan Kantor Negara Indonesia, Niromasa Shimomura yang juga menghadiri Forum KTT AIS 2023.

Niromasa hadir pukul 17.20 WITA menggunakan pesawat Batik Air bernomor ID 6518 dan disambut langsung oleh Asisten Deputi Energi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Ridha Yasser. 

Disisi lain, juga ada Komisaris Tinggi Kepulauan Cook, Kairangi Samuela yang disambut oleh Asisten Deputi Navigasi dan Keselamatan Maritim, Kemenko Marves, Nanang Widyatmojo, serta wakil PM Tonga Samiu Kuota Vaipulu yang disambut Asisten Deputi Hukum dan Perjanjian Maritim, Kemenko Marves, Radian Nurcahyo. 

Para delegasi-delegasi Forum tersebut disambut oleh Pasukan Cordon, suatu unit pasukan militer dibawah Paspampres (Pasukan Pengamanan Presiden) yang berisi para militer dari TNI Angkatan Darat RI terbaik.

Di Forum KTT AIS ini Pasukan Cordon bertugas untuk melakukan protokoler kenegaraan. Memberikan sambutan militer terhadap para tamu undangan dengan sambutan senjata, membukakan pintu mobil tamu, dan mengawal tamu mulai dari pintu masuk hingga tempat duduk.

BACA JUGA: Delegasi Seychelles dan Kepulauan Solomon Tiba Pertama di Bali Untuk KTT AIS Forum 2023 Besok

Selepas pemberian sambutan oleh Pasukan Cordon, PM Sao Tome itu disambut dengan tari pendet oleh beberapa gadis Bali, yang merupakan tarian sambutan khas Bali. 

Tari Pendet juga biasanya ditampilkan di acara-acara keagamaan dan upacara adat di Bali untuk persembahan kepada dewa. 

Karena kesakralan dan keindahannya, tari pendet sering digunakan di berbagai acara sehingga hal itu menjadikan tari pendet sebagai warisan budaya terpenting di Bali.

Sebelumnya, beberapa delegasi KTT AIS Forum 2023 juga telah tiba di Bali pada Sabtu, 7 Oktober 2023.

Ada Menteri Perikanan dan Ekonomi Biru Seychelles, Jean Francois Gabriel Ferrari, Menteri Hubungan Luar Negeri dan Perdagangan Eksternal kepulauan Solomon Jeremiah Manele.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: