Terobosan Baru! IBL 2024 Pakai Format Home-Away Sejak Seri Reguler

Terobosan Baru! IBL 2024 Pakai Format Home-Away Sejak Seri Reguler

Pemain Satria Muda Pertamina Jakarta Avan Seputra (tengah) menghadapi Dominique Sutton dalam semifinal IBL 2023 melawan Pelita Jaya Bakrie Jakarta-Ariya Kurniawan/IBL-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Ada perubahan besar dalam Indonesian Basketball League (IBL) musim mendatang. Liga basket profesional Indonesia tersebut akan menggunakan format home-away sejak musim reguler.

Musim lalu, format home-away baru diterapkan pada babak playoff.

''IBL 2024 akan dimulai lagi pada Januari. Kalau tidak terganggu jadwal kampanye pemilu,'' kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah kepada awak media di kawasan Jakarta Pusat pada Senin, 9 Oktober 2023.

BACA JUGA: Playoff IBL Dibuat Format Home-Away, Ini Penjelasan Dirut IBL

''Dengan format home-away ini, IBL 2024 akan berjalan tujuh bulan. Liganya akan lebih panjang. Selama bulan puasa, kami tetap jalan. Kecuali Lebaran,'' lanjut Junas.


TEROBOSAN baru lagi! IBL 2024 pakai format home-away sejak seri reguler. Foto: Junas Miradiarsyah (kanan) bersama Kapolri Jenderal Listy Sigit.-Instagram Junas Miradiarsyah.-

Jika terjadi dinamika pemilu tahun depan, IBL 2024 bisa saja mundur hingga Maret dan berakhir pada September. Mereka mengambil jeda pada Februari karena ada Kualifikasi Piala Asia FIBA 2025.

BACA JUGA: Gelar Juara IBL 2023 Milik Prawira Bandung, 8 Alumnus DBL Berlaga di Partai Final

Junas menjelaskan, format home-away alias kandang-tandang ini akan membantu klub menambah pendapatan. Selain itu, mereka juga belajar menjadi pengelola pertandingan. Jika menggunakan sistem seri seperti selama ini, semua pertandingan dikelola oleh IBL.

''Kalau memakai sistem seri, klub akan gitu-gitu aja. Kami bantu agar lebih profesional,'' kata Junas.

''Mudah-mudahan klub lebih sustain karena ada cash flow. Untuk home game, 100 persen (pendapatan) masuk klub. Sponsor juga bisa masuk klub,'' papar pria berusia 43 tahun itu.

BACA JUGA: Prawira Harum Bandung Juara IBL 2023

Musim lalu IBL masih menggunakan format seri di musim reguler yang berlangsung di delapan kota. Masing-masing tim memainkan 30 pertandingan di musim reguler tersebut.


TEROBOSAN baru lagi! IBL 2024 pakai format home-away sejak seri reguler. Foto: Prawira Bandung vs Pelita Jaya di final IBL 2023.-IBL -

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: