Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Indonesia vs Brunei Darussalam, Shin Tae-yong: Lawan Terberat Adalah Lengah

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Indonesia vs Brunei Darussalam, Shin Tae-yong: Lawan Terberat Adalah Lengah

Shin Tae-yong (paling kiri), Asnawi Mangkualam (dua dari kiri), Handra Azam (dua dari kanan), dan Mario Rivera (paling kanan) dalam jumpa pers Indonesia vs Brunei Darussalam dalam Kualifikasi Piala Dunai 2026 Zona Asia-Ragil Putri Irmalia-

HARIAN DISWAY - Timnas Indonesia memulai langkahnya di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Tim asuhan Shin Tae-yong itu akan berhadapan dengan Brunei Darussalam.

Pertandingan tersebut berlangsung pada Kamis, 12 Oktober 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pukul 19.15 WIB.

Pada pertandingan ini Indonesia memang lebih diunggulkan. Mereka memiliki level yang berbeda.

Dari segi peringkat, tim Garuda menempati ranking 149 dunia. Sedangkan Brunei berada 42 peringkat lebih bawah.

Selain itu, dari rekor pertemuan Indonesia juga lebih dominan. Dari 11 pertemuan di berbagai ajang, Indonesia menang tujuh kali, dua kali imbang, dan hanya dua kali kalah. Bahkan kekalahan terakhir terjadi 33 tahun yang lalu. 

BACA JUGA:BREAKING NEWS! Persebaya Incar Striker Arema FC Gustavo Almeida dan Bek PSM

BACA JUGA:Marselino Ferdinan dan Rafael Struick Absen Lawan Brunei Darussalam

Kemenangan terakhir Brunei atas Indonesia terjadi pada ajang Pesta Sukan Merdeka. Kala itu Brunei unggul 1-0. Hasil imbang terakhir terjadi 37 tahun lalu. Dalam SEA Games 1985 silam, kedua tim bermain imbang 1-1.

Sedangkan pertemuan terakhir Indonesia dengan Brunei terjadi di Piala AFF 2022. Saat itu Indonesia menang telak tujuh gol tanpa balas di SUGBK. Dengan hasil itu, Indonesia jelas lebih diunggulkan dalam pertemuan ke-12 ini.

"Yang terpenting kami bisa memenangkan pertandingan ini lebih dulu karena ini adalah laga home. Tetapi kami akan bekerja keras supaya bisa memberikan penampilan terbaik dan menghdairkan atmosfer yang baik untuk masyarakat,” kata kapten timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam.

Pelatih Shin Tae-yong juga tidak ingin keunggulan itu menjadi bumerang. Mantan pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu ingin para pemain tetap fokus hingga akhir pertandingan.

BACA JUGA:Nostalgia di Liga 2: Di Sini Delta di Sana LA, di Mana-mana Kita Saudara

BACA JUGA:Sebelum Marselino Ferdinan, Ini 7 Pemain Indonesia di Liga Belgia

“Besok kami memang melawan Brunei Darussalam. Lawan yang paling berat bagi kami besok itu lengah. Jadi, yang penting kami tidak lengah dan bekerja keras di lapangan. Pasti bisa menunjukkan yang terbaik,” kata Shin Tae-yong dalam jumpa pers di SUGBK pada Rabu, 11 Oktober 2023 itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: