Antisipasi Kepadatan Acara Mlaku Bareng AMin, Ini Rekayasa Lalu Lintas dari Polresta Sidoarjo

Antisipasi Kepadatan Acara Mlaku Bareng AMin, Ini Rekayasa Lalu Lintas dari Polresta Sidoarjo

Personel Satlantas Polresta Sidoarjo saat melakukan pengecekan lokasi acara, Sabtu, 14 Oktober 2023.-Satlantas Polresta Sidoarjo-

SIDOARJO, HARIAN DISWAY - Mlaku bareng Anies Rasyid Baswedan - Muhaimin Iskandar (AMin) akan dilaksanakan di Jalan Pahlawan, Sidoarjo. Kegiatan itu berpotensi menghadirkan ratusan ribu orang. Mulai dari pengurus dan anggota seluruh partai koalisi sampai pada relawan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden RI itu.

Kegiatan itu pun berpotensi membuat kemacetan di beberapa ruas jalan di Sidoarjo. Sehingga, Satuan Lalu Lintas Polresta Sidoarjo pun melakukan rekayasa lalu lintas. Itu dilakukan untuk upaya mengurai kemacetan yang kemungkinan terjadi.

Salah satunya dengan menutup sementara akses keluar tol Sidoarjo. "Bagi masyarakat pengguna tol, bisa keluar di pintu tol Porong atau pintu tol Waru. Penutupan dilakukan selama kegiatan itu berlangsung," kata KBO Satlantas Polresta Sidoarjo Iptu Heri Nugroho kepada Harian Disway, Sabtu, 14 Oktober 2023.

Sepanjang pintu tol itu ditutup, Satlantas Polresta Sidoarjo bekerjasama dengan satuan patroli jalan raya (PJR) Polda Jatim. Penutupan pintu keluar tol itu dilakukan mulai pukul 05.00 hingga 08.00 pagi. Selain di pintu tol, personel satuan PJR Polda Jatim ini juga akan di-standby-kan di beberapa rest area.

BACA JUGA:Kembali Sapa Jawa Timur, Pasangan Anies-Muhaimin Ajak Masyarakat Sidoarjo dan Sekitarnya Mlaku Bareng

BACA JUGA:Anies-Muhaimin ke Sumenep, Janjikan Kesetaraan Pembangunan di Kepulauan

"Pintu keluar tol itu akan ditutup sesuai surat pemberitahuan yang diberikan oleh panitia acara. Informasi yang kami dapat, peserta besok murni dari Sidoarjo. Tidak ada dari daerah lain. Tapi tidak menutup kemungkinan, akan banyak simpatisan yang datang nanti," ungkapnya.

Selain jalan tol, Satlantas Polresta Sidoarjo juga melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah titik di sekitar acara. Misalnya simpang tiga Jalan Jenggolo arah ke Ponti, sepanjang acara itu akan ditutup. Pengguna jalan akan diarahkan lurus ke alun-alun Sidoarjo.

Lalu arus dari Cemeng Kalang arah ke GOR, diarahkan belok kiri lalu masuk ke perumahan Pondok Jati. Nanti akan tembus di Jalan Poti sisi utara di wilayah anggrek emas. "Kami juga akan mengurangi beberapa arus di seputaran TL Candi, TL Maspion II. Kami akan kurangi kendaraan besar," bebernya.

Personel Satlantas Polresta Sidoarjo pun sudah akan siap di titik-titik yang telah ditugaskan sejak malam nanti pukul 23.00. Ada sekitar 20 personel untuk malam ini. Nanti di pukul 02.00, mereka akan melakukan persiapan seperti memasang water barrier dan memasang rambu-rambu.

BACA JUGA:Empat SKCK Sudah Diterbitkan, Anies Siap Daftar Capres Hari Pertama

BACA JUGA:Instagram KBS Posting Anies-Muhaimin, Politikus PKB: Relawan AMIN Bukan Hacker

"Sebelum acara nanti, baru kita akan menurunkan 40 personel lagi. Total ada 60 personel Satlantas Polresta Sidoarjo yang diturunkan," ungkapnya.

Selain personel satlantas Polresta Sidoarjo, ada juga personel gabungan dari samapta polres jajaran, juga melibatkan kelompok masyarakat, Dishub Sidoarjo, TNI, dan Satpol PP. Ada juga ambulance untuk mendukung di beberapa titik. "Total yang saya dengar tadi ada 500 personel totalnya," ucapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: