Anies-Muhaimin ke Sumenep, Janjikan Kesetaraan Pembangunan di Kepulauan

Anies-Muhaimin ke Sumenep, Janjikan Kesetaraan Pembangunan di Kepulauan

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di Ponpes Ar-Raudhah, Sumenep, 29 September 2023. -Screenshot Metro TV-

SUMENEP, HARIAN DISWAY -  Di saat capres lain masih sibuk menentukan cawapres, pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar semakin gencar melakukan safari politik. Pasangan Amin mengunjungi Pondok Pesantren Ar-Raudah Batuan, SUMENEP, Jumat, 29 September 2023.

"Wilayah kepulauan akan diurus secara setara. Kami punya rekam jejak untuk itu," kata Anies Baswedan saat bersilaturahmi dengan ulama, habib, kiai, nyai, dan warga NU di Sumenep. 

Sumenep merupakan wilayah yang punya banyak pulau. Ada 126 pulau yang masuh di 10 kecamatan. Dari jumlah itu, 48 pulau ada penghuninya. Anies membandingkannya dengan Kepulauan Seribu yang masuk wilayah DKI Jakarta. 

"Jakarta adalah satu-satunya ibu kota di dunia yang memiliki kepulauan. Ada 111 pulau dan 11 pulau yang berpenghuni. Alhamdulillah, selama kami bertugas sebagai gubernur DKI Jakarta ada kesetaraan pembangunan," ujarnya.

BACA JUGA:Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, Siapa Lebih Teknokratis?

Pemprov DKI Jakarta di era Anies Baswedan membangun infrastruktur berupa fasilitas air, pembangkit listrik tenaga surya, sarana transportasi laut, hingga kapal ambulans. Saat itu Anies juga memberikan subsidi untuk angkutan barang ke Kepulauan Seribu. Dengan begitu, harga barang terutama bahan pokok di Kepulauan Seribu sama dengan di Jakarta.

"Insya Allah, kami akan menjadikan program pembangunan yang setara antara daratan dan kepulauan," ucap Anies Baswedan.

Di Sumenep, Anies-Muhaimin juga mengunjungi Ponpes Annuqayah, Guluk-Guluk. Pesantren tersebut merupakan salah satu pesantren terbesar dan tertua di Madura. Didirikan pada 1887 oleh KH Muhamad Syarqawi.

"Seperti di Banyuwangi, Jember, dan Pasuruan kemarin, saya dan Mas Anies sowan untuk melaporkan kondisi terkini sekaligus meminta doa restu kepada para ulama, kiai, Bu Nyai, serta para tokoh di Jawa Timur," kata Muhaimin.

Sebagai pasangan dwi tunggal, Anies-Muhaimin berkomitmen menjalankan tugas bersama-sama, saling mengisi, dan saling melengkapi. "Semoha silaturahmi ini menjadi semangat baru untuk melakukan perjuangan dan perubahan ke arah yang lebih baik," tambah Gus Muhaimin.

BACA JUGA:Khofifah Tanggapi Isu Kandidat Kapten Pemenangan Anies-Muhaimin: Laa Haula wa Laa Quwwata Illaa Billaahil Aaliyyil Azhiimi

Anies dan Muhaimin juga sudah siap untuk mendaftarkan diri ke KPU. Keduanya juga sudah mendapatka, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang merupakan salah satu syarat pendaftaran capres /cawapres.

Anies Muhaimin diusung oleh tiga parpol yakni Nasdem, PKS, dan PKB. Gabungan tiga partai tersebut juga telah mencukupi untuk mengusung capres dan cawapres. Anies dan Muhaimin berencana untuk mendaftar pada hari pertama ke KPU. 

Meski dari berbagai survei Anies-Muhaimin menempati posisi ketiga, mereka optimistis bisa menang dalam Pilpres 2024. Itu karena tren elektabilitas Anies-Muhaimin terus meningkat secara perlahan namun pasti. Bergabungnya PKB ke Koalisi Perubahan untuk Persatuan juga membuat elektabilitas Anies meningkat di Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: