Trans Jatim Mojokerto-Gresik Mulai Beroperasi, Tarif Digratiskan hingga 31 Oktober

Trans Jatim Mojokerto-Gresik Mulai Beroperasi, Tarif Digratiskan hingga 31 Oktober

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Trans Jatim Koridor III di Wisata Bukit Kayu Putih, Mojokerto, Rabu, 18 Oktober 2023-Humas Pemprov Jatim -

HARIAN DISWAY-Akses konektivitas antarwilayah di Jawa Timur terus diperkuat. Kali ini, Trans koridor III diluncurkan. Transportasi publik rute Mojokerto-Gresik mulai mengaspal kemarin, Rabu, 18 Oktober 2023.

Masyarakat bisa menikmatinya secara cuma-cuma alias gratis hingga 31 Oktober nanti. Bus ini dinamai Suhita. Akronim dari Sarana Angkutan Umum yang Hebat, Tepat Waktu, dan Akurat. Diluncurkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Wisata Bukit Kayu Putih, Desa Suru, Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto. 

Tentu, harapannya ingin memasifkan transportasi publik. Agar kemacetan bisa berkurang. Selain itu, Suhita juga diharapkan mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas dan emisi gas buang. 

BACA JUGA:Trans Jatim Sukses Jadi Andalan, Khofifah Gandeng Perusahaan Inggris Siapkan MRT

BACA JUGA:Gebrakan Khofifah: Trayek Bus Trans Jatim Lewat Wisata Batu, Pacet dan Cangar Cuma Rp 20 Ribu

“Bisa menghidupkan destinasi wisata, kuliner dan ekonomi kreatif di Kabupaten Mojokerto dan Gresik," kata Kepala Dishub Jatim Nyono. Mengingat, rutenya melewati lokasi-lokasi strategis pariwisata. Mulai dari Terminal Kertajaya di Kota Mojokerto sampai Terminal Balongpanggang di Gresik dan sebaliknya. 

Jalur yang dilalui adalah Terminal Kertajaya, Jalan Jayanegara, Jalan Majapahit, Jalan Gajah Mada. Selanjutnya melintasi Kecamatan Jetis, Gedeg dan Dawarblandong di Kabupaten Mojokerto sampai Terminal Balongpanggang.

Sekali jalan, Suhita menempuh jarak 30 kilometer dengan waktu tempuh paling lama 60 menit. Jumlah bus yang dioperasikan 20 unit dan dua cadangan. Setiap bus berkapasitas 20 tempat duduk dan 10 penumpang berdiri.

BACA JUGA:Khofifah dapat Gelar Doktor Honoris Causa dari Unair

BACA JUGA:Khofifah: Wujudkan Pemilu Damai , Hindari Politik Identitas dan Ujaran Kebencian

Sebagaimana Trans Jatim Koridor II, tarif Suhita juga sangat terjangkau. Yakni Rp 5.000 untuk penumpang umum dan Rp 2.500 khusus santri dan pelajar. Konstan untuk tujuan jauh maupun dekat. Beroperasi setiap hari pukul 05.00 pagi - 21.00 malam.

Para penumpang bisa membayar tiket menggunakan Qris maupun secara tunai. Nyono memastikan headway pun dijamin tepat waktu. Hanya 15 menit. Jika pada jam sibuk bisa 25-30 menit. 


Pemudik berjubel mengantri naik Bus Trans Jatim di Terminal Purabaya Bungurasih, Sidoarjo,Jawa Timur, Rabu (26/4/2023).-Syahrul Rozak Yahya-Harian Disway

Trip-nya direncanakan tiga kali sehari. Semoga cepat terwujud,” ujar Kabid Angkutan Jalan Dishub Jatim Ainur Rofiq saat dihubungi Harian Disway. Tentu agar menampung tingginya animo masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: