Hindari Gesekan, TNI-Polri Gelar Diklat Integrasi Kebangsaan

Hindari Gesekan, TNI-Polri Gelar Diklat Integrasi Kebangsaan

Dirdik Kodik Latal Laksamana Pertama TN Askari dan Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol Akhmad Yusep Gunawan sebelum membuka diklat integritas TNI-Polri.. -Humas Polda Jatim-

MOJOKERTO, HARIAN DISWAY – Selama ini, pendidikan TNI dan Polri dilakukan terpisah. Tidak ada pendidikan bersama di antara keduanya. Mulai tahun ini, TNI-Polri menggelar Diklat Integrasi Kampus Kebangsaan TNI-Polri.

Diklat yang menggabungkan calon anggota TNI dan Polri ini dibuka Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol Akhmad Yusep Gunawan, di Sekolah Polisi Negara (SPN) Mojokerto, Senin, 23 Oktober 2023.

Didampingi Dirdik Kodik Latal Laksamana Pertama TN Askari, Yusep menyampaikan amanat dari Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri terkait Diklat Integrasi Kampus Kebangsaan TNI-Polri Tahun Anggaran 2023. 

Dalam amanatnya, Wakapolda menyampaikan maksud dan tujuan utama diklat ini. Pendidikan dan pelatihan Integrasi ini untuk mempererat soliditas dan sinergitas bagi seluruh prajurit TNI-Polri sejak dari masa pendidikan. Diharapkan nantinya akan terbentuk kebersamaan, kekompakan, dan ikatan moral. 

BACA JUGA:Awas..! Pura-Pura Cari Kos-Kosan, Maling Motor Incar Sasaran

BACA JUGA:Prabowo Merasa Aneh Soal Gugatan Batas Usia Capres 70 Tahun

"Termasuk juga menindaklanjuti kebijakan Panglima TNI dan Kapolri yang dituangkan dalam naskah kerjasama pendidikan dan pelatihan Integrasi di semua jenis dan jenjang pendidikan TNI dan Polri," jelas Wakapolda Jatim dalam amanatnya.

Lebih lanjut Wakapolda Jatim menegaskan ,TNI dan Polri yang solid artinya tidak mudah dipecah belah, tidak mudah di adu domba. Melainkan akan tetapi saling memperkuat satu dengan lainnya dalam menjaga seluruh tumpah darah dan keutuhan NKRI. 

"Bahu-membahu, bukan bekerja sendiri-sendiri dalam menjamin terwujudnya pembangunan nasional dan cita-cita kemerdekaan Republik Indonesia. TNI-Polri adalah penjaga negara," tandas Brigjen Pol Akhmad Yusep Gunawan.

Selain itu, nantinya para peserta Diklat Integrasi akan mendapat pembekalan materi. Di antaranya pengenalan doktrin satuan TNI- POLRI; pengenalan matra TNI dan tugas pokok Polri; Perbantuan TNI kepada POLRI; kolaborasi dalam pelaksanaan tugas, serta membangun soliditas TNI-Polri.

BACA JUGA:Gibran Bacapres Prabowo, Begini Statusnya di PDIP

BACA JUGA:Anwar Usman Diinterupsi Soal Keponakannya Maju Cawapres Oleh Pemohon di Sidang MK: Sebut Ada Konflik Kepentingan

Diharapkan pendidik integritas dan kolaborasi ini dapat terus dilaksanakan setiap tahun dengan menambah jumlah waktu, jumlah peserta, dan meningkatkan kualitas materi yang diberikan kepada peserta didik yang ikut melaksanakan rangkaian kegiatan dengan penuh semangat. 

"Jadikan momentum ini untuk memiliki rasa kebersamaan, kekompakan, kesetiakawanan yang terus dijaga sampai nanti pelaksanaan tugas sampai akhir hayat. Bahwa perlu di informasikan sampai dengan saat ini tidak ada terjadi konflik antara TNI dan Polri," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: