Pemain Naturalisasi Indonesia Marques Bolden Masuk Roster Bucks, Ternyata Satu Angkatan dengan Jayson Tatum di Duke

Pemain Naturalisasi Indonesia Marques Bolden Masuk Roster Bucks, Ternyata Satu Angkatan dengan Jayson Tatum di Duke

Marques Bolden saat tampil membela Timnas Indonesia di Pra Kualifikasi Olimpiade pada Agustus lalu di Suriah--

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Marques Bolden resmi masuk roster Milwaukee Bucks pada NBA 2023-2024. Pemain naturalisasi Indonesia itu mendapat kenaikan status kontrak. Bucks memberikan Bolden two-way contract dari sebelumnya Exhibit-10.

Dengan jaminan two-way contract itu, Bolden bisa bermain di NBA dan juga Wisconsin Herd, tim afiliasi Bucks di NBA G League. Kontrak yang sama pernah Bolden dapatkan saat bersama Cleveland Cavaliers pada 2019-2020 lalu. Saat itu Bolden lebih banyak melantai di Canton Charge.

Manajer Timnas Indonesia Jeremy Imanuel Santoso menyambut baik kabar tersebut. Ia turut senang dengan dengan capaian Bolden itu. Apalagi Bucks bukan tim sembarangan. Setelah mendapatkan Damian Lillard, Bucks menjadi deretan teratas favorit juara NBA musim ini.

“Hasil diskusi tim Bucks, mereka sangat kagum dengan performa Marques membela Indonesia di Pra Kualifikasi Olimpiade. Penampilan apik itu membuka kesempatan yang berujung dengan two-way contract ini,” tutur Jeremy.

BACA JUGA:Marques Bolden Tak Ikut Timnas Indonesia ke Lebanon

BACA JUGA:Final Berakhir! Denver Nuggets Akhirnya Merasakan Gelar Juara NBA 2022-2023

Bolden turut membawa Indonesia meraih emas SEA Games 2021. Ia juga tampil di FIBA Asia Cup 2022. Bolden terakhir kali tampil bersama Tim Merah Putih saat mengikuti Pra Kualifikasi Olimpiade di Suriah pada Agustus lalu.

Bolden menjadi pemain ke-24 dari Duke Blue Devils yang akan berlaga di NBA 2023-2024. Pemain yang disapa Joyo itu merupakan produk Duke University pada 2016-2019. Ia juga satu angkatan dengan Jayson Tatum yang saat ini menjadi pilar Boston Celtics.

Mereka tercatat terpilih dalam McDonald's All-American 2016, sebuah All-Star Game untuk kompetisi basket tingkat SMA di Amerika Serikat. Dalam tahun pertamanya di Duke, Bolden dan Tatum di bawah asuhan pelatih Mike Krzyzewski.

Setahun kemudian, Tatum mengikuti NBA Draft dan menjadi pilihan ketiga. Aturan di NBA sejak 2004 mengharuskan pemain minimal satu tahun di perguruan tinggi sebelum mengikuti NBA Draft.

Sedangkan Bolden menghabiskan tiga musim di NCAA. Ia kemudian mengikuti NBA Draft 2019 bersama pemain Duke lain seperti Zion Williamson (yang menjadi pilihan pertama), RJ Barrett, dan Cam Reddish. Tetapi Bolden tidak terpilih dan melanjutkan karier di NBA G League.

Selain pemain-pemain tersebut di atas, produk Duke di NBA musim ini antara lain Kyrie Irving (Dallas Mavericks), Brandon Ingram (New Orleans Pelicans), Grayson Allen (Phoenix Suns), hingga Paolo Banchero (Orlando Magic), yang merupakan Rookie of the Year 2023. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: