RS Vertikal Kemenkes, RSUP dr. Ben Mboi Kupang harus Bisa Bedah Jantung Terbuka hingga Operasi Ginjal

RS Vertikal Kemenkes, RSUP dr. Ben Mboi Kupang harus Bisa Bedah Jantung Terbuka hingga Operasi Ginjal

Momen kebersamaan Menkes Budi bersama salah seorang pasien RSUP dr. Ben Mboi di NTT pada 26 Oktober 2023. -sehatnegeriku.kemkes.go.id-

HARIAN DISWAY - Belum lama ini RSUP dr. Ben Mboi Kupang diresmikan sebagai salah satu rumah sakit terbesar di NTT. Kabar bahagia ini disambut baik warga NTT karena mereka bisa memudahkan akses pelayanan kesehatan tanpa perlu ke luar provinsi.

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan, RSUP dr. Ben Mboi dijadikan sebagai RS rujukan terbesar di NTT.

Bukan tanpa sebab RS ini harus bisa menangani pasien yang memiliki penyakit dengan risiko kematian tertinggi. Misalnya pasien yang punya penyakit kanker, jantung, stroke, dan ginjal.

Kementerian Kesehatan menargetkan di semua rumah sakit yang ada di 34 provinsi di Indonesia setidaknya harus ada rumah sakit yang bisa melakukan bedah jantung terbuka, bedah otak terbuka, dan operasi ginjal.

RSUP dr. Ben Mboi termasuk di dalamnya. Selain itu, RSUP dr. Ben Mboi diminta memastikan seluruh RS yang ada di kabupaten/kota di NTT bisa melakukan penanganan kesehatan pada organ vital manusia. 

BACA JUGA: Masih Bersarung, Presiden Jokowi Resmikan 3 Rumah Sakit di Surabaya Sekaligus

Dimulai dari operasi jantung dengan memasang ring jantung, kateterisasi untuk penanganan stroke, melakukan pasang CAPD, hemodialisa, serta operasi batu ginjal.

“Rumah Sakit Ben Mboi ditujukan bukan untuk NTT saja. Tapi terbuka untuk Indonesia bagian Timur. Bahkan Timor Leste,” ujar Sekretaris Dirjen Pelayanan Kesehatan dr. Andi Saguni, Selasa, 26 Oktober 2023 di Kupang.

Menurutnya, RSUP dr. Ben Mboi adalah rumah sakit vertikal Kemenkes. Artinya rumah sakit ini memprioritaskan pelayanan kanker, jantung, stroke, dan uronefrologi di wilayah timur.

Sejak 1 Juni 2023, RSUP dr. Ben Mboi telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan secara resmi membuka pelayanan kepada seluruh pasien.

BACA JUGA: Dukung Rumah Sakit di Atas Kapal, Kemenkes Janji Memperbanyak Alat Kesehatan demi Kesehatan Warga Daerah Terpencil

Adapun persiapan RSUP dr. Ben Mboi memastikan tenaga-tenaga kesehatan yang dibutuhkan tersedia. Mulai dari dokter spesialis bedah, penyakit dalam, anak, kebidanan dan kandungan, anestesi, radiologi, paru, dan patologi anatomi.

Juga patologi klinik, THT, mata, gigi prosthodontia, urologi, bedah vaskuler, bedah saraf (neurologi intervensi), dan radiologi onkologi.

Pada 1 Oktober 2023 lalu, RSUP dr. Ben Mboi mendapat tambahan dokter spesialis jantung. Sehingga adanya jaminan secara SDM dan sarana prasarana dapat melayani kasus-kasus KJSU (kanker, jantung, stroke, dan uro-nefrologi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sehatnegeriku.kemkes.go.id