Anak-anak Muda di Pusaran Pilpres 2024 (2): Bertemu Sekali, Novi Langsung Dilamar Ganjar

Anak-anak Muda di Pusaran Pilpres 2024 (2): Bertemu Sekali, Novi Langsung Dilamar Ganjar

Novi Basuki, juru bicara Ganjar Pranowo-Mahfud MD.-FOTO: BOY SLAMET-HARIAN DISWAY-

Pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD punya 47 juru bicara. Anak-anak muda. Di antaranya Novi Basuki dan Aryo Seno Bagaskoro. Mereka bertugas menggaet suara milenial dan Gen Z. 

---

NOVI BASUKI punya nama Tionghoa Wang Xiaoming (王小明). Seorang santri, penulis, peneliti, dan pakar Islam di Tiongkok. Lelaki 30 tahun ini pernah tinggal selama 10 tahun di Tiongkok. Mendapat beasiswa kuliah S1 hingga S3 di sana. Ia juga pengasuh rubrik Cheng Yu (baca: jeng i) atau peribahasa Tiongkok di Harian Disway.

Asalnya dari Desa Tamansari, Kecamatan Sumbermalang. Sebuah pelosok desa di Kabupaten Situbondo. Jaraknya sekitar 52 kilometer dari pusat kota. 

“Saya datang dari lantai delapan, ha ha ha,” kelakarnya untuk menyebut desa dengan ketinggian 1.200 mdpl itu. Novi begitu akrab dengan kehidupan desa. Yang rata-rata mata pencaharian penduduknya dari bertani dan beternak.


Novi Basuki ketika menjadi pembicara pada acara ulang tahun Masjid Cheng Ho Surabaya. -Julian Romadhon-Harian Disway-

Sampai saat ini ia juga menetap di desa. Harus bolak-balik tiap minggu ke Surabaya karena menjadi dosen luar biasa di Universitas Ciputra.

Novi juga seorang pembicara ulung. Kerap diundang ke berbagai forum diskusi. Dari kampus-kampus, sekolah, institusi, hingga partai politik. 

Yang dibahas, tentu saja, seputar isu politik, ekonomi, dan sejarah Tiongkok. Dan forum seperti inilah yang mempertemukannya kali pertama dengan sosok Ganjar Pranowo. Tepat pada Sabtu, 14 Oktober lalu, di Ming Garden, Surabaya.

Kala itu Novi diundang sebagai moderator. Ganjar sebagai pembicara utama. Tema yang dibahas seputar kebangsaan. Dihadiri oleh puluhan pengusaha Surabaya. “Tapi, diubah. Pak Ganjar malah minta saya yang jadi pembicara,” kenang lelaki yang khas dengan kopiah hitamnya itu.

Di momen itulah, Novi langsung dilamar menjadi juru bicara. Meski tak pernah ketemu sebelumnya, ternyata Ganjar juga telah mengenal Novi. Yakni melalui konten-konten TikTok milik Novi.

BACA JUGA:Anak-anak Muda di Pusaran Pilpres 2024 (1): Desak Amin Bikin Platform Aspirasi

BACA JUGA:Anak-anak Muda di Pusaran Pilpres 2024 (3): Andalkan Gibran dan Gerakan Organik Relawan

Ya, Novi memang kerap membahas seputar isu-isu sosial politik dan ekonomi di akun TikTok miliknya. Baru beberapa bulan bikin, pengikutnya sudah lumayan. Tembus 26,5 ribu follower. Ada 219,9 ribu kali love yang tertambat pada konten-kontennya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: