Anak-anak Muda di Pusaran Pilpres 2024 (2): Bertemu Sekali, Novi Langsung Dilamar Ganjar

Anak-anak Muda di Pusaran Pilpres 2024 (2): Bertemu Sekali, Novi Langsung Dilamar Ganjar

Novi Basuki, juru bicara Ganjar Pranowo-Mahfud MD.-FOTO: BOY SLAMET-HARIAN DISWAY-

Pada forum itu pula, Ganjar menyatakan tertarik dengan semua yang dibahas Novi di TikTok. Yang paling diingat soal kepemimpinan di Tiongkok. Di sana, salah satu syarat jadi presiden harus pernah menjabat sebagai gubernur, bupati/wali kota, camat, kepala desa, hingga ketua RT/RW.

“Apakah beliau tertarik dengan saya karena itu? Terus terang nggak tahu,” ujarnya. Yang jelas, dalam forum itu, Ganjar mengulangi dengan detail apa yang dibahas Novi di TikTok. Karena itulah, Novi juga langsung menerima tawaran Ganjar.

Novi pun akan membantu perolehan suara anak muda melalui media sosialnya. Tentu dengan menyajikan konten-konten yang berkaitan dengan visi dan misi Ganjar-Mahfud. Disinggungkan pula dengan sejarah dan filsafat Tiongkok.

Sejauh ini, antusias warganet cukup luar biasa. Itu bisa dilihat dari respons mereka lewat ribuan komentar di setiap konten yang diunggah oleh Novi. 

Bahkan, tak sedikit anak-anak muda yang awalnya apatis lantas menjatuhkan pilihan ke Ganjar-Mahfud. “Ini cara yang cukup efektif. Karena saya tahu, generasi Z bisa didekati dengan sesuatu yang  mereka gandrungi, salah satunya TikTok,” tandasnya.

Menurut Novi, Ganjar adalah sosok pemimpin yang ideal. Apalagi begitu mendeklarasikan berpasangan dengan Mahfud MD yang begitu peduli pada keadilan hukum.

Maka tolok ukur untuk menilai pasangan ini sangat sederhana. Novi selalu menarik gagasan-gagasan dan riwayat mereka kepada pengalamannya di kampung.

Ia juga berpegang pada ungkapan Mo Tzu. Seorang filsuf populer asal Tiongkok yang  terkenal dengan mengunggulkan pikiran logis. “Negara bisa maju dan jaya kalau pemimpinnya tahu betul permasalahan dan apa yang dimaui masyarakat akar rumput,” ujar Novi mengutip filosofi itu.


Arya Seno Bagaskoro, juru bicara Ganjar Pranowo-Mahfud MD.-Dokumentasi Seno-

Demikian pula dengan Seno Bagaskoro. Tokoh muda satu ini begitu populer di Surabaya. Ia menggemparkan publik bahkan sejak duduk di bangku SMP pada 2017 silam. Mengorganisasi Aliansi Pelajar Surabaya dengan mengirim 33 ribu surat kepada Presiden Joko Widodo. Yakni untuk mengkritik kebijakan sekolah gratis yang mau dihapus.

Kini, Seno sudah kuliah. Mengambil jurusan Ilmu Politik di Universitas Airlangga. Sudah jelang akhir semester. Tetapi, Seno sudah terjun ke politik praktis sejak mahasiswa baru. Ia menjadi kader termuda PDI Perjuangan.

Bahkan juga diangkat menjadi juru bicara Ganjar-Mahfud. Seno sudah akrab dengan Ganjar. Itu bisa dilihat dari akun instagram miliknya yang banyak mengunggah foto bareng Ganjar.

Maka, begitu Ganjar-Mahfud dideklarasikan, Seno diundang ke Jakarta. Yakni menghadiri deklarasi dukungan milenial untuk Ganjar-Mahfud di Gedung Arsip Nasional, Taman Sari, Jakarta Barat, pada 18 Oktober 2023.


Arya Seno Bagaskoro dan Ganjar Pranowo saat deklrasi milenial mendukung Ganjar-Mahfud. -Dokumentasi TPN-

Seno diberi kesempatan bicara. Ia mengisahkan perjalanannya terjun ke dunia politik. Menjadi teladan bagi para pemuda supaya tak antipati dengan politik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: