Tiga Capres Disuguhi 8 Piring Lauk oleh Jokowi, Artinya Apa?

Tiga Capres Disuguhi 8 Piring Lauk oleh Jokowi, Artinya Apa?

Presiden Jokowi menjamu makan siang tiga capres, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan di Istana Merdeka, 30 Oktober 2023. -Setpres-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Tiga bacapres diundang makan siang di Istana Merdeka oleh Presiden Jokowi, Senin, 30 Oktober 2023.  Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo duduk di samping presiden. Anies Baswedan duduk di hadapan presiden. 

Ketiga capres mengenakan batik lengan panjang. Ada delapan piring lauk dan satu mangkuk nasi di meja bundar yang dapat diputar itu. 

Menu itu adalah soto lamongan, ayam kodok, sapi lada hitam, bebek panggang, cumi goreng, udang goreng telur asin, dan kaylan cah sapi. 

Satu menu lagi tidak disebutkan. Ditambah minuman es laksamana dan jus jeruk.

Delapan piring lauk itu sengaja atau kebetulan ya? Sebab, angka 08 itu identik dengan Prabowo Subianto. Hanya koki Istana Merdeka yang tahu. 

Setelah makan siang bersama, tiga capres melakukan konferensi pers. Prabowo diminta bicara terlebih dahulu. "Yang lebih senior duluan," celetuk Ganjar. 

"Tadi kita baru saja diundang makan oleh bapak presiden dan lumayan tadi ya makannya. Ada soto tadi, lontong, cumi-cumi, sayur, lumayan jadi bagus ya kita juga dalam suasana yang akrab. Dan tadi kami juga ucapkan terima kasih diundang. Kalau enggak diundang kita jarang bisa kumpul ya,” ujar Prabowo di hadapan awak media.

BACA JUGA:Luhut Dukung Prabowo-Gibran? Loyalitas Saya ke Presiden Jokowi Tak Pernah Luntur

BACA JUGA:Jokowi Tinjau Inpres Jalan Daerah di Lampung, Progres Sudah Mencapai 60 Persen

Anies Baswedan sedikit lebih serius. Menurut Anies ia menyampaikan kepada presiden agar menjaga netralitas. Hal itu, kata Anies, merupakan pesan dari masyarakat yang ia temui saat keliling ke berbagai daerah.

"Tadi beliau sampaikan bahwa beliau memang mengumpulkan penjabat gubernur, bupati, bahkan akan mengumpulkan TNI, polisi, dan semua aparat untuk netral," kata Anies. 

Menurut Anies, pesan itu penting disampaikan agar pilpres 2024 berjalan dengan aman, damai, karena seluruh unsur penyelenggara menunjukkan sikap yang netral dan profesional. 

"Jadi itu salah satu yang kami sampaikan kepada beliau dan beliau merespons positif, baik, sehingga diskusi kita juga tadi lancar,” jelas Anies.

Undangan makan siang itu, kata Anies, disampaikan sepekan sebelumnya. Awalnya acara diadakan Minggu. Namun semua capres punya agenda masing-masing pada Minggu. Termasuk Anies yang ada acara Jalan Sehat dan Mlaku Bareng di Jember pada Minggu pagi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: