4 Tahun Berseteru Gara-Gara BTS, HYBE dan MBC Akhirnya Baikan

4 Tahun Berseteru Gara-Gara BTS, HYBE dan MBC Akhirnya Baikan

4 TAHUN berseteru gara-gara BTS, HYBE dan MBC akhirnya baikan.-Eugene Gologursky-Getty Images-via AFP

HARIAN DISWAY - Empat tahun sudah stasiun TV Korea, MBC, memboikot artis-artis HYBE Corporation. Selama itu pula, girl roup maupun boy group dari agensi raksasa tersebut tidak pernah tampil di acara Music Core di MBC.

Baik itu dari BigHit Music (BTS dan TXT), Seventeen (Pledis), sampai grup-grup baru seperti Le Sserafim (Source Music) dan NewJeans (Ador Entertainment).

Permasalahan itu dimulai ketika BTS menolak tampil di event MBC Music Festival yang berlangsung pada malam tahun baru 2020. BTS berhalangan tampil karena sudah dikontrak mengisi acara malam tahun baru di Times Square, New York, 31 Desember 2019.


4 TAHUN berseteru gara-gara BTS, HYBE dan MBC akhirnya baikan. Foto: BTS ketika tampil di Times Square, New York, 31 Desember 2023.-Eugene Gologursky-Getty Images-via AFP

BACA JUGA: Nama BTS Dicatut dalam Kasus Narkoba Lee Sun Kyun, BigHit dan ARMY Kompak Ngamuk

BACA JUGA: Bertabur Bintang! Jungkook BTS Bocorkan Tracklist Album Golden, Intip Deretan Musisi Internasional yang Diajak Kolaborasi

Rupanya, para petinggi kedua organisasi itu tidak bisa berlama-lama menyimpan dendam. MBC mengundang CEO HYBE Bang Si Hyuk untuk berkunjung ke kantor mereka. Ia diterima langsung oleh Presiden MBC Ahn Hyeong Joon pada 30 Oktober 2023.

Dalam kesempatan itu, Ahn Hyeon Joon mengaku menyesal. Dan meminta maaf kepada Bang Si Hyuk atas perlakuannya terhadap artis-artis HYBE di masa lalu. Ia berharap hubungan mereka bisa diperbaiki.

"Kami setuju bahwa ada kebutuhan untuk membangun hubungan yang sehat antara artis dengan perusahaan penyiaran. Demi status dan kelanggengan industri K-pop sendiri," kata Ahn Hyeong Joon, sebagaimana dilansir Soompi.


4 TAHUN berseteru gara-gara BTS, HYBE dan MBC akhirnya baikan. Foto: CEO HYBE Bang Si Hyuk (kanan) dan Presiden MBC Ahn Hyeong Joon.-MBC-Soompi

BACA JUGA: Waduh, Lagu Seven Milik Jungkook Dituduh Plagiat, Ini Respons Bighit Music

Ia juga mengakui, ada banyak budaya produksi di perusahaan penyiaran yang tidak cocok dengan agensi artis. Ahn Hyeong Joon berjanji memperbaiki budaya tersebut. Dan menciptakan konten-konten K-pop yang lebih menghormati para artis.

Ia berjanji bahwa MBC akan menjadi garda terdepan pembela hak-hak artis dalam upaya menciptakan hubungan kemitraan yang sehat antara stasiun TV dengan agensi.

"Saya sangat berterima kasih atas inisiatif MBC yang meminta maaf secara tulus," balas Bang Si Hyuk. "Apalagi mereka juga berkomitmen untuk meningkatkan hak-hak para artis K-pop," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: soompi