Waduh, Lagu Seven Milik Jungkook Dituduh Plagiat, Ini Respons Bighit Music

Waduh, Lagu Seven Milik Jungkook Dituduh Plagiat, Ini Respons Bighit Music

WADUH, lagu Seven milik Jungkook dituduh plagiat, ini respons Bighit Music.-Bighit Music-NMe

HARIAN DISWAYSingle solo dari album perdana Jungkook BTS, Seven, sedang bergelimang prestasi.

Lagu itu mencatat debut nomor 1 di tangga lagu prestisius Billboard Hot 100. Ia juga menembus UK Official Singles Chart. Memuncaki charts iTunes dan Spotify Global Charts selama berpekan-pekan. Dan masih banyak lagi.

Namun, ada kabar tidak enak. Seven disebut-sebut mengandung unsur plagiarisme. Alias menjiplak karya orang lain. Benarkah?

BACA JUGA: Nangkring di Chart Inggris, Jungkook dan Seven Tetap Perkasa di Pekan Kelima

Pada 22 Agustus 2023, situs Ten Asia melaporkan bahwa lagu Seven milik Jungkook BTS meminjam melodi utama dari lagu girl group Fin.K.L. Lagu yang ditiru berjudul Time of Mask, dan dirilis pada 2000.


WADUH, lagu Seven milik Jungkook dituduh plagiat, ini respons Bighit Music.-Bighit Music-

Ten Asia bahkan melaporkan bahwa pencipta lagu Time of Mask Yang Joon-young meminta produser Bighit Music memeriksa kedua lagu tersebut.

Agensi BTS, Bighit Music, langsung sigap menyangkal tuduhan tersebut. ’’Kami ingin menginformasikan bahwa tuduhan pelanggaran hak cipta atas lagu Seven milik Jungkook tidak benar,’’ tegas Bighit, dalam pernyataan pers yang dikutip Soompi.

BACA JUGA: Seven Antar Jungkook BTS Catat Rekor Baru di Spotify, 28 Hari di Puncak Global Top Song!

BACA JUGA: Jungkook BTS Berterima Kasih Pada Han So-hee yang Membantunya Berakting di MV Seven

Bighit memaparkan, Seven adalah lagu hasil kolaborasi dari lima orang komposer asing. Penciptaannya tidak berkaitan sama sekali dengan lagu dari album domestik yang dirilis hampir 24 tahun yang silam seperti yang dituduhkan.

’’Tuduhan sepihak itu sama sekali tidak memenuhi kriteria (untuk disebut plagiat, Red). Tidak ada detail penjelasan tentang kesamaan yang substansial dan prinsip-prinsip lain yang menjelaskan klaim plagiarisme,’’ lanjut Bighit.

Seven ditulis oleh lima pencipta lagu dari luar negeri. Mereka adalah Andrew Watt, Cirkut, Jon Bellion, Makiel Thomas, dan rapper Latto. Rapper perempuan asal AS itu juga nongol dalam lagu Seven milik Jungkook BTS.


WADUH, lagu Seven milik Jungkook dituduh plagiat, ini respons Bighit Music.-Bighit Music-

Lagu yang diluncurkan pada 14 Juli 2023 itu diproduseri oleh Andrew Watt asal AS dan Cirkut, produser asal Kanada.  

Sejak peluncurannya, Seven sudah menghebohkan seluruh dunia. Ia menempati posisi teratas di chart iTunes Top Song di 106 negara—termasuk Indonesia.

BACA JUGA: Samai Rekor Taylor Swift, Lagu Jungkook BTS Diputar Lebih dari 15 Juta Sehari di Spotify

BACA JUGA: Album Seven Milik Jungkook Langsung Puncaki Tangga Lagu

Secara spektakuler, lagu itu juga langsung menjadi memuncaki Global Hot 100. Menyamai prestasi Jimin dan BTS sendiri—sebagai satu-satunya musisi Korea yang lagunya menjadi penguasa chart Billboard di pekan pertama.

Hingga kini pun, Seven masih nangkring di puncak Billboard Global 200 dan Global di luar AS. Ini sudah pekan kelima beruntun. Ia menjadi artis K-pop pertama yang mencatat prestasi membanggakan tersebut.

Posisi di dua tangga tersebut ditentukan oleh banyaknya streaming plus data penjualan dari 200 negara di dunia. Jadi, lagu Jungkook ini memang benar-benar laris diputar (dan diunduh) di mana-mana.

BACA JUGA: Lucunya Aksi Jungkook di Foto-foto Behind the Scenes Klip Video Seven

Seven menjadi nomor satu di Billboard 200 dengan total streaming 104,3 juta kali. Plus 4.000 kopi terjual mulai 11-17 Agustus.

Single perdana Jungkook sebagai artis solo itu menjadi lagu kedua yang berhasil nangkring di chart tersebut selama lima pekan beruntun. Sebelumnya ada lagu fenomenal Miley Cyrus, Flowers yang mencatat prestasi tersebut.

Apakah kamu percaya lagu Seven milik Jungkook BTS hasil plagiasi? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: soompi