Selain Semangka, 3 Buah Ini juga Jadi Simbol Perjuangan Palestina

Selain Semangka, 3 Buah Ini juga Jadi Simbol Perjuangan Palestina

Netizen berlomba-lomba memposting emot buah semangka melalui akun sosial media mereka untuk menunjukkan solidaritas dan dukungan mereka terhadap rakyat Palestina pada Kamis, 2 Oktober 2023 -Akun X @rahmdess27-

HARIAN DISWAY - Gambar postingan emoji buah semangka kembali viral di sosial media pada Kamis, 2 Oktober 2023.

Postingan buah semangka tersebut menjadi bentuk dukungan warganet terhadap rakyat Palestina yang dibombardir oleh Israel sejak penyerangan oleh kelompok militan Hamas pada 7 Oktober 2023 lalu.

Israel menggempur Palestina habis-habisan sebagai serangan balasan hingga menyebabkan ribuan orang tewas karena serangan tersebut.

Menurut Kementerian Kesehatan Palestina, lebih dari 9.000 warga Palestina dinyatakan tewas dan 32.000 lainnya luka-luka. Sedangkan dari sisi Israel, 1.400 tewas dan 5.000 lainnya terluka.

BACA JUGA:Viral Demo Dukung Palestina Pakai Emot Gambar Semangka, Apa Artinya?

Emoji buah semangka digunakan untuk menyuarakan hak-hak dan kebebasan rakyat Palestina, karena buah semangka menggambarkan warna bendera Palestina yang berunsur putih, merah, hitam, dan hijau. 



Buah semangka menjadi simbol dukungan Palestina dalam media sosial di jejaring internet di beberapa hari terakhir.-dok.-

Namun, sebenarnya tak hanya semangka yang bisa menggambarkan dukungan terhadap Palestina. 3 buah ini juga bisa menjadi bentuk ekspresi solidaritas terhadap rakyat Palestina.

Jeruk Jaffa
Pada tahun 15 Mei 1948, terdapat peristiwa Nakba yang menjadi awal mula penciptaan Israel. Peristiwa penyerangan tersebut memakan banyak korban jiwa, hingga membuat lebih dari 750.000 rakyat palestina terusir dari tanah nenek moyang mereka sendiri yang sudah mereka tinggali selama berabad-abad lamanya.

Pada zaman itu, Jeruk Jaffa menjadi komoditas ekspor penting bagi para petani dan pengusaha Palestina. Tidak bisa dipungkiri, jeruk Jaffa memang sudah terkenal sejak dulu karena rasanya yang manis. Kulitnya juga tebal sehingga cocok untuk pengiriman, sehingga menjadi barang terlaris para pedagang Palestina.

BACA JUGA:Israel Dikepung, Perang Palestina Melebar ke Lebanon dan Yaman

Karena keunggulan dan latar belakangnya, novelis dan jurnalis Palestina Ghassan Kanafani menjadikan jeruk Jaffa sebagai simbol yang melambangkan kehilangan sebagian wilayah Palestina, di peristiwa peperangan Nakba yang disebut sebagai The Land of Sad Oranges pada 1958.


Jeruk Jaffa menjadi bentuk representasi Negara Palestina dan peristiwa peperangan Nakba pada tahun 1948 -Reuters-

Zaitun
Pohon Zaitun bisa ditemukan dengan mudah di seluruh tanah Palestina dan merupakan simbol perlawanan. Seorang warga Palestina yang berusia 23 tahun dari Lembah Ara Nour Alhouda Akel, mengatakan bahwa pohon Zaitun dikaitkan dengan identitas Palestina.

Sebab, seperti cerita pohon jeruk Jaffa milik Kanafani sebelumnya, Pohon Zaitun juga menjadi representasi dari Palestina, karena pohon zaitun telah mengakar subur di tanah Palestina sejak zaman dulu.

“Pohon zaitun bisa hidup selama ratusan tahun. Jadi, jika pohon di luar rumah saya berusia 100 tahun, itu artinya pohon ini juga terhubung dengan peristiwa Nakba” ujar Akel.

BACA JUGA:Menakar Kekuatan Pasukan Houthi Yaman, Perang Saudara Melawan Arab, Kini Bela Palestina

Dalam beberapa tahun terakhir, pohon zaitun Palestina telah diserang oleh pemukim Israel di Tepi Barat. Menurut PBB, lebih dari 5.000 pohon zaitun milik warga Palestina di Tepi Barat sudah dirusak sejak lima bulan pertama pada tahun 2023.


Minyak Zaitun merupakan bentuk representasi Negara Palestina dan merupakan sumber pendapatan utama rakyat Palestina-Al-Jazeera-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: