6 Tuntutan Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina Dalam Aksi Solidaritas di Monas

6 Tuntutan Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina Dalam  Aksi Solidaritas di Monas

Para Pemuka Agama sorakkan 6 tuntutan Aliansi Rakyat Bela Palestina dalam acara Aksi di Tugu Monas pada hari Minggu, 5 November 2023-Akun X @ariekoesrie-

HARIAN DISWAY - Ribuan massa dari berbagai kota memadati titik utama Aksi Bela Palestina di panggung kawasan Tugu Monas, Jakarta Pusat untuk mengikuti perhelatan Aksi Akbar Bela Palestina yang dikoordinir oleh beberapa tokoh MUI (Majelis Ulama Indonesia) pada pagi ini pukul 05.30 WIB hari Minggu, 5 November 2023.

Aksi solidaritas bela Palestina ini dihadiri oleh beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju seperti Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Selain itu, hadir juga tokoh lintas agama. 

Massa aksi menamakan diri Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina (RIBP). Mereka menyuarakan 6 tuntutan berkaitan dengan nasib bangsa Palestina yang dibombardir setiap hari oleh militer Israel


Masyarakat memadati Tugu Monas Jakarta untuk mengikuti kegiatan Aksi Bela Palestina pada hari Minggu, 5 November 2023-Akun X @ariekoesrie-

Tuntutan itu dibacakan langsung oleh tokoh-tokoh lintas agama yakni Prof Dr Sudarnoto Abdul Hakim, Pendeta Jimmy Sormin, Prof Dr Philiph Wijaya, Dr Candra Setiawan dan KH Cholil Nafis secara bergantian. Berikut enam poin tuntutannya:

BACA JUGA:Massa Padati Monas di Aksi Bela Palestina, Dihadiri Ketua DPR, Menteri Agama, dan Menteri Luar Negeri Indonesia

1. Menuntut agar perang segera dihentikan

Perang harus dihentikan dan penyelidikan internasional harus dilakukan untuk mengadili kejahatan kemanusiaan dan perang oleh Israel untuk diajukan ke Mahkamah Internasional.

2. Demi kemanusiaan perdamaian dan keadilan kami menentang keras penjajahan Israel atas Palestina dan mengecam keras politik apartheid, genosida, holocaust dan terorisme yang terus dilakukan Israel. 

Kami menyerukan kepada pemerintah negara-negara Islam, negara-negara Arab untuk membatalkan hubungan diplomatik dan atau tidak membuka hubungan diplomatik dengan Israel sampai negara Palestina yang merdeka dan berdaulat berdiri tegak.

Sebagai bentuk solidaritas bagi Palestina, seyogianya bangsa Indonesia sebagai bangsa cinta damai dan keadilan memboikot dan tidak membeli produk-produk Israel dan produk-produk pakaian makanan dan minuman yang menyumbang kepada Israel.

3. Kami memberikan apresiasi kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa atas keputusan dan resolusinya atas Israel antara lain sebagai pelanggar HAM berat.

PBB perlu melakukan langkah-langkah nyata dan tegas dalam menegakkan resolusi resolusinya dengan menghilangkan kekuatan veto dari negara-negara yang menampilkan standar ganda terhadap masalah Palestina.


Ribuan Massa terlihat memadati Tugu Monas untuk Mengikuti Aksi Bela Palestina pada 5 Oktober 2023-Akun X @ayangcakep-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: