Anwar Usman Posisikan Diri sebagai Korban Fitnah

Anwar Usman Posisikan Diri sebagai Korban Fitnah

Mantan Ketua MK Anwar Usman-Boy Slamet-Harian Disway-

"Saya tidak pernah takut dengan tekanan dalam bentuk apapun dan oleh siapapun dalam memutus perkara sesuai dengan keyakinan saya sebagai hakim yang akan saya pertanggungjawabkan kepada Allah," katanya.

Anwar merasa difitnah dalam perkara nomor 90/PPU-XXI/2023 yakni terkait usia capres dan cawapres yang diajukan oleh Almas Tsaqib Birru Rea. 

"Semua adalah fitnah yang amat keji. Sama sekali tidak berdasar hukum dan fakta. Saya tidak akan mengorbankan diri saya, harkat dan martabat saya di ujung masa pengabdian saya sebagai hakim demi meloloskan pasangan (capres/cawapres) tertentu. 

"Keputusan MK adalah kolektif kolegial, bukan oleh seorang ketua. Di alam demokrasi saat ini rakyatlah yang menentukan capres atau cawapres yang dipilih. Semua sudah tertulis di lauhul mahfuz," tegasnya.

Anwar lantas menjelenterehkan bahwa kasus yang mengandung konflik kepentingan atau conflict of interest sudah ada sejak era Jimly Ashiddiqie sebagai ketua MK. Juga di era kepemimpinan Mahfud Md, Arief Hidayat, dan Hamdan Zoelva. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: