Hati-Hati, Bakteri Super Bisa Melawan Antibiotik

Hati-Hati, Bakteri Super Bisa Melawan Antibiotik

Hati-hati, bakteri super bisa melawan antibiotik. Ilustrasi bakteri yang dapat melawan obat. Ilustrasi bakteri yang mampu melawan antibiotik serta obat lainnya.-@nihgov-Instagram

BACA JUGA: Singapura Bikin Perban Antibakteri dari Kulit Durian

Dokter dapat menggunakan tes itu untuk memutuskan cara mengobati infeksi. Itu bisa membantu menghindari resep antibiotik yang tidak perlu.

Antibiotik tidak bekerja melawan virus. Virus menyebabkan pilek dan flu, namun, beberapa bakteri dapat menyebabkan gejala serupa. Terkadang dokter harus meresepkan antibiotik sebelum mereka mendapatkan hasil tes yang memastikan adanya infeksi bakteri.

“Ketika Anda memiliki pasien yang sakit kritis di depan Anda, dan Anda tidak tahu apa yang Anda rawat selama beberapa hari, Anda harus membuat keputusan,” jelas Fowler. 

Jika tidak segera memulai pengobatan dapat menyebabkan infeksi yang mengancam jiwa. Namun, pemberian antibiotik pada pasien yang tidak membutuhkannya juga dapat menimbulkan masalah. Mereka dapat menyebabkan efek samping dan menyebabkan munculnya bakteri super.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah bakteri super. Gunakan antibiotik hanya jika diperlukan. Jika dokter tidak meresepkan antibiotik, jangan memaksanya untuk berubah pikiran. Dan ketika Anda mendapatkan antibiotik, minumlah sesuai resep.

Cara terbaik untuk melindungi diri Anda dan keluarga dari bakteri berbahaya adalah dengan menghindari infeksi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: newsinhealth.nih.gov