Indonesia dan JICA Teken Risalah Pembahasan Penilaian Proyek, Pembangunan MRT Koridor Timur – Barat Dimulai 2024

Indonesia dan JICA Teken Risalah Pembahasan Penilaian Proyek, Pembangunan MRT Koridor Timur – Barat Dimulai 2024

Perwakilan Indonesia dan Jepang menandatangani MoD penilaian proyek pembangunan MRT Koridor Barat - Timur di kantor Kemenhub, Jakarta Sabtu, 11 November 2023-Kemenhub-

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal menyebutkan bahwa setelah penandatanganan MoD ini, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) akan segera menyelesaikan kelengkapan administrasi dari proyek ini.


Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal meninjau terowongan proyek MRT fase 2A dari Bundaran HI ke Harmoni yang ditarget selesai pada tahun 2027-Kemenhub -

“Kami menargetkan urusan administrasi ini dapat segera selesai sehingga proses pengembangan MRT timur barat dapat segera dimulai pada tahun 2024,” ungkap Risal.

MRT Jakarta koridor Timur-Barat akan terbentang sepanjang 84,1 km dari Balaraja, Tangerang hingga Cikarang, Bekasi. 

BACA JUGA:Pahlawan Muda (1): Allan Tandiono, Sosok di Balik Kesuksesan MRT, LRT, dan Whoosh

Dalam pengerjaannya, proyek ini akan terbagi menjadi 4 tahap pekerjaan, yaitu Fase 1 Tahap 1 yang akan membentang dari Tomang - Medan Satria sepanjang 30,1 km, Fase 1 Tahap 2 dari Kembangan hingga Tomang sepanjang 9,2 km, Fase 2 Timur dari Medan Satria hingga Cikarang sepanjang 20,5 km serta Fase 2 Barat dari Kembangan Balaraja sepanjang 29,9 km.

“MRT Jakarta koridor Timur-Barat ini akan terintegrasi dengan koridor Utara-Selatan dengan titik temu di Stasiun Thamrin yang saat ini sedang dibangun,” kata Risal.

Pada tahap awal pembangunan, Fase 1 Tahap 1 dari MRT Jakarta koridor Timur-Barat akan memiliki 21 stasiun yang terdiri dari 8 stasiun bawah tanah dan 13 stasiun layang. 

Selain itu, pada tahap ini juga akan dibangun depot kereta MRT di kawasan Rorotan dengan jalur akses sepanjang 5,9 km.(*)

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: