Sowan ke Gus Mus, Goenawan Mohamad: Kesetiaan Bisa Dibeli, Kami Berbagi Rasa

Sowan ke Gus Mus, Goenawan Mohamad: Kesetiaan Bisa Dibeli, Kami Berbagi Rasa

Goenawan Mohamad saat konferensi pers usai sowan ke Gus Mus di Rembang, Minggu, 12 November 2023-gitakita-

HARIAN DISWAY–Para tokoh nasional yang tergabung dalam Majelis Permusyawaratan Rembang sowan ke Gus Mus (KH Ahmad Mustofa Bisri) siang ini. Mereka mengadukan soal situasi nasional yang cenderung rumit hari-hari ini.

“Kita sowan ke Gus Mus, berbagi rasa, saling tularkan semangat supaya kembali lagi ada kepercayaan kepada sesama,” ungkap Goenawan Mohamad (GM), Minggu, 12 November 2023. Sebab, kepercayaan terhadap sesama begitu tipis di zaman sekarang.

BACA JUGA:19 Tokoh Kumpul di Rumah Gus Mus, Tuntut Kejelasan Sikap Pemerintah soal Pemilu 2024

BACA JUGA:Megawati Berpidato Siang Ini, Blak-Blakan Respons Situasi Politik Terkini

GM pun tak segan membeberkannya. Saat ini, katanya, semua hal seolah bisa dibeli. Kesetiaan, kedudukan, hingga suara. 

Semua bisa dibeli. Sementara yang ikhlas sudah mengalami erosi yang berat. “Pertama, banyak sekali kebohongan yang juga diucapkan presiden dan orang-orang lainnya. Kalau sebuah masyarakat kehilangan saling percaya ya selesai,” ujar sastrawan kondang itu.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Bawa Hasil KTT OKI Ke Meja Presiden Amerika Serikat, Tuntut Pertanggungjawaban Israel Terhadap Pembunuhan Warga Sipil di Gaza

BACA JUGA:Restui Gibran Rakabuming Maju Cawapres, Ini Arah Dukungan Jokowi di Pilpres 2024

Oleh karena itu, para tokoh nasional ini ingin mencegah. Tidak hanya di kalangan tertentu. Tetapi juga ke lebih banyak pihak yang luas pengaruhnya. 

“Sehingga bangsa ini bisa menempuh perjalanan yang lebih lama,” ungkap GM. Sebetulnya, ada 18 tokoh nasional yang sowan ke Gus Mus. Tetapi, yang memberi keterangan resmi kepada wartawan hanya delapan orang.

Dan Gus Mus sendiri tak ikut konferensi pers tersebut. “Saya sebetulnya agak tidak begitu bersemangat karena makan di rumah Gus Mus enak sekali, kenyang,” kelakar GM dalam pembuka. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: