Pentaskan Calon Arang di Madrid, Teater Keliling Sumbangkan Seluruh Penjualan Tiket untuk Orangutan

Pentaskan Calon Arang di Madrid, Teater Keliling Sumbangkan Seluruh Penjualan Tiket untuk Orangutan

Tak seperti umumnya, Calon Arang dipentaskan Teater Keliling dalam bentuk drama musikal, pada 29 Oktober 2023 lalu. -Teater Keliling-

HARIAN DISWAY - Pada malam pergelaran budaya bertajuk Indonesia Night Madrid 2023, Teater Keliling dari Indonesia tampil memukau. Menjadi salah satu pertunjukan. Berlangsung di Teater Melia Castilla, Madrid, Spanyol, Teater Keliling membawakan cerita rakyat Indonesia, Calon Arang.

Tak seperti pementasan pada umumnya, Calon Arang dipentaskan Teater Keliling dalam bentuk drama musikal, pada 29 Oktober 2023 lalu.
Dalam judul Calon Arang The Musical Spain Performance 2023, naskah lakon yang sangat populer itu ditulis oleh Ketua Yayasan Teater Keliling Dolfry Inda Suri. Sebagai sutradara adalah pendiri Teater Keliling Rudolf Puspa. -Teater Keliling-

Dalam judul Calon Arang The Musical Spain Performance 2023, naskah lakon yang sangat populer itu ditulis oleh Ketua Yayasan Teater Keliling Dolfry Inda Suri. Sebagai sutradara adalah pendiri Teater Keliling Rudolf Puspa.

BACA JUGA: Kritik Fenomena Konsumerisme, Teater Gapus Garap Manufaktur Anatomi Kera

Dengan kemasan musikal, epos Calon Arang bisa dipersembahkan dengan lebih memikat dan komunikatif. Dimainkan oleh seluruh rombongan Teater Keliling yang berangkat ke Spanyol, pertunjukan dihantar dalam cerita rakyat Bali sejak abad ke-12 yang populer di kalangan masyarakat setempat secara turun temurun.
Oleh Teater Keliling, cerita Calon Arang diadaptasi dengan sangat menarik. Apalagi seperti biasa, ada bumbu lucu dalam dialog-dialog selain pesan penuh kritikan. -Teater Keliling- 

Sebagai cerita rakyat, Calon Arang itu kerap disajikan sebagai sendratari di Pulau Dewata. Namun, di tangan Teater Keliling, cerita itu diadaptasi dengan sangat menarik. Apalagi seperti biasa, ada bumbu lucu dalam dialog-dialog selain pesan penuh kritikan.

Sosok Calon Arang yang terkenal sebagai penyihir sakti penyembah Dewi Durga itu dikisahkan marah karena anak perempuannya, Ratna Manggali, tidak kunjung ada yang melamar.

Penampilan Teater Keliling itu sangat memesona penonton Indonesia Night Madrid 2023. Sebuah event promosi budaya dan persahabatan Indonesia-Spanyol yang digelar oleh KBRI Madrid, Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Spanyol (PPI-Spanyol), dan didukung oleh diaspora Indonesia.

Tak kurang 400 penonton yang mayoritas adalah warga Madrid itu sangat antusias menyaksikan semua pertunjukan. Termasuk Calon Arang. ”Calon Arang sekaligus menjadi penutup setelah digelar sejumlah lokakarya dan pementasan di sekolah dan kampus universitas di sekitar Madrid,” terang Oi, panggilan Dolfry.
Penampilan seniman dari Indonesia dalam Indonesia Night Madrid 2023 ini memenuhi aspirasi kaum mahasiswa Indonesia di Spanyol untuk meningkatkan profil Indonesia di publik negara matador. -Teater Keliling-

Selain penampilan Teater Keliling, Indonesia Night Madrid 2023 menjadi ajang unjuk potensi seni dan budaya Indonesia. Di antaranya ada pianis muda berbakat dari Indonesia Edbert dan penyanyi keturunan Indonesia-Swedia Cahaya Lovisa.

Yang menarik, ada kelompok pemusik gamelan Spanyol Mad Gamelan yang membuat kagum para hadirin. Tampil pula sebagai wujud kolaborasi seni teater Indonesia dan Spanyol, kelompok teater terkemuka yang berbasis di Madrid, Malinche.

Menurut Oi, pengalaman pertama berkolaborasi dengan kelompok teater setempat itu sangat berharga buat Teater Keliling. Total ada 35 pemain yang terlibat. “Untung kami terbiasa berkolaborasi sehingga tak ada masalah ketika harus melakukan satu pertunjukan bersama,” jelasnya.
Indonesia Night Madrid 2023 menyuguhkan banyak penampilan menarik seperti kelompok pemusik gamelan Spanyol Mad Gamelan yang dimainkan oleh warga Spanyol. -Teater Keliling-

Atas semua penampilan itu, Duta Besar Indonesia untuk Spanyol Dr. Muhammad Najib sangat mengapresiasi. Ia menerangkan bahwa kerja sama budaya merupakan salah satu pilar penting dalam hubungan bilateral Indonesia dengan Spanyol. 

Senada dengan dubes, Ketua PPI-Spanyol Michael Tesla menyampaikan bahwa kehadiran seniman dari Indonesia adalah pemenuhan aspirasi kaum mahasiswa Indonesia di Spanyol untuk meningkatkan profil Indonesia di publik negara matador.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: