Peringati Hari Kesehatan Nasional yang ke-59, Sekjen Kemenkes Ingatkan ASN Untuk Tidak Korupsi dan Layani Masyarkat Sepenuh Hati

Peringati Hari Kesehatan Nasional yang ke-59, Sekjen Kemenkes Ingatkan ASN Untuk Tidak Korupsi dan Layani Masyarkat Sepenuh Hati

Potret suasana upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-59 yang berlangsung khusyuk. -Kementerian Kesehatan RI-sehatnegeriku.kemkes.go.id

HARIAN DISWAY- Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-59, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengadakan upacara peringatan di lapangan upacara kantor Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Upacara tersebut dilaksanakan pada Senin, 13 November 2023 dengan tema “Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju”. Unit Utama dan UPT Kementerian Kesehatan yang ada di Jakarta menjadi peserta upacara tersebut.

Sekretaris Jenderal Kemenkes Kunta Wibawa bertindak sebagai inspektur upacara. Sekjen Kunta menegaskan enam pilar transformasi kesehatan penopang sistem kesehatan Indonesia harus dibangun bersama dan terus menerus.

Hal itu tertuang dalam UUD 1945 yang berbunyi “Setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan dan negara bertanggung jawab terhadap penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan yang layak.”

BACA JUGA: Peringati Hari Kesehatan Nasional ke-59, Menkes Ajak Para Pejabat Ziarah ke Makam Para Pahlawan Kesehatan

Sekjen Kunta menambahkan enam pilar transformasi kesehatan dapat ditegakkan untuk perubahan yang lebih baik apabila ada kolaborasi yang erat dan sinergi yang kuat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan seluruh elemen masyarakat. 

“Meski begitu, transformasi kesehatan tidak akan terwujud tanpa transformasi budaya kerja para insan kesehatan,” ujar Sekjen Kunta pada 13 November di lapangan upacara kantor Kementerian Kesehatan RI.

“Sebagaimana yang sering disebut bapak menteri, pilar transformasi ke tujuh, nilai-nilai dasar ASN BerAKHLAK wajib kita hidupi untuk mewujudkan birokrasi yang akuntabel, lincah, profesional, dan tidak korupsi serta melayani masyarakat dengan sepenuh hati,” imbuh Sekjen Kunta.

Sekjen Kunta juga mengucapkan terima kasih atas kerja keras seluruh tenaga medis, tenaga kesehatan, tenaga pendukung kesehatan, LSM, swasta, media, profesional, akademisi, seluruh pegawai dan pejabat pemerintah pusat dan daerah serta para kader.

BACA JUGA: Peringati Hari Kesehatan Mental Sedunia, Direktur RSJ Menur Ingatkan Remaja Makin Rentan Depresi

Sekjen Kunta mengingatkan perjuangan mereka semua belum usai demi membangun kesehatan Indonesia yang lebih baik.

Sekjen Kunta turut mengajak seluruh masyarakat untuk turut membangun Kesehatan demi Indonesia emas 2045 dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar.

“Pasca disahkannya UU Nomor 17 tahun 2023 tentang kesehatan, pemerintah kini sedang menyusun rencana RIBK (Rencana Induk Bidang Kesehatan) yang berfungsi sebagai haluan bersama dalam upaya pembangunan kesehatan di seluruh Indonesia,” ujar Sekjen Kunta.

Selain itu, Sekjen Kunta berpesan RIBK diacu oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam merencanakan, menganggarkan, dan mengimplementasikan program Kesehatan di wilayah masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: