Rampok Bunuh di Jual Beli Mobil

Rampok Bunuh di Jual Beli Mobil

Ilustrasi jual beli mobil berujung pembunuhan. -Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Pembunuhan terhadap Disa Dwi Yarto, 39, sederhana. Disa jual mobil Fortuner tahun 2020. Ia beriklan di Facebook. Calon pembeli minta ketemu, akan bayar COD (cash on delivery). Ketemu di suatu tempat di Jakarta. Penjual dibunuh, mobil dirampok.

INI pembunuhan motif ekonomi,” ujar Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Titus Yudho Ully kepada wartawan Senin, 13 November 2023.

Tiga dari empat pelaku sudah ditangkap dan ditahan di Polda Metro jaya. Seorang masih buron. ”Para pelaku kami tangkap belum 24 jam,” kata Titus.

BACA JUGA: Kasus Pembunuhan di Pasuruan: Ngono yo Ngono, ning Ojo Ngono

BACA JUGA: Saksi Alibi Pembunuhan Subang

Kronologi: Jumat pagi, 10 November 2023. Disa ditelepon calon pembeli mobil yang melihat iklannya di Facebook. Calon pembeli bernama Rosul, 29. Minta ketemu di suatu tempat di Jakarta untuk melihat mobilnya. ”Sekalian akan saya bayar COD,” ujar Rosul.

Disa berangkat dari rumah membawa Fortuner yang dijual itu. Ia masih mengenakan celana pendek cokelat dan kaus biru.

Ketika mereka ketemu, Rosul ternyata tidak sendirian. Ia mengajak IS, 31, dan JS, 48. Di situ Rosul mengamati mobilnya. Tidak lama, langsung ditransfer. Namun, Disa melihat di rekeningnya bahwa transfer belum masuk. Rosul ngotot, transfer sudah masuk. Rosul menunjukkan bukti transfer (ternyata rekayasa).

BACA JUGA: Drama Pembunuhan Anak Pungut di Musi Banyuasin

BACA JUGA: Jadilah Detektif di Pembunuhan Desy

Dalam kondisi konflik itu, Disa berniat pulang. Tiga pelaku minta ikut ke mobil Disa. Belum dijelaskan detail oleh penyidik, bagaimana proses tiga pelaku itu bisa ikut mobil Disa. 

Logikanya, dari proses tersebut, Disa sudah tahu bahwa calon pembelinya penipu. Semestinya Disa menolak tiga orang itu ikut mobilnya. Maka, di dalam mobil itulah Disa dibunuh.

Mayat Disa lalu dibuang di aliran Kanal Banjir Timur (KBT), Cakung Barat, Cakung, Jakarta Timur. Mayatnya terapung di sungai yang penuh eceng gondok dan tumpukan sampah. Posisi telungkup. Mayatnya segera diketahui warga, lokasinya dekat jalanan.

BACA JUGA: Pembunuh Gila Incar Korban di Mal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: