Waspada Penipuan Lewat Akun Instagram Jual Beli Iphone, Ini Ciri-cirinya

Waspada Penipuan Lewat Akun Instagram Jual Beli Iphone, Ini Ciri-cirinya

Akun Instagram @dokterunairtv diretas atau di-hack oleh orang yang tak bertanggung jawab pada Sabtu, 11 November 2023. Postingan jual beli Iphone ini adalah model penipuannya. -@dokterunairtv-

HARIAN DISWAY - Kasus akun Instagram yang terkena hack berupa postingan jual beli Iphone kembali terjadi. Hingga saat ini, banyak akun Instagram mulai mengunggah postingan tidak wajar di luar postingan aslinya.

Misalnya, akun Instagram @dokterunairtv yang mengunggah postingan jual beli Iphone pada 11 November 2023. Padahal, akun Instagram tersebut umumnya membahas seputar kesehatan.

Ada juga akun Instagram @samsatmanyar yang mengunggah postingan jual beli Iphone pada 18 Oktober 2023. Akun Instagram ini merupakan akun yang memberikan informasi seputar pajak kendaraan bermotor.

Masih banyak lagi akun-akun Instagram yang diretas oleh orang yang tak bertanggung jawab ini.

Jika Anda melihat akun Instagram yang mengunggah postingan tidak wajar di luar dari postingan aslinya, seperti jual beli Iphone, jangan langsung percaya dengan postingan tersebut. Bisa jadi akun tersebut sedang di-hack atau diretas.

Pasalnya, postingan model penjualan tersebut adalah penipuan. Sudah banyak korban modus penipuan itu.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ciri-ciri model penipuan berdasarkan kasus akun Instagram yang terkenal hack jual beli Iphone.

1.   Postingan yang Mencurigakan


Postingan yang mencurigakan dalam akun Instagram @dokterunairtv. Hal tersebut dapat dilihat 
postingannya antara sebelum di-hack dan sesudah di-hack. -@dokterunairtv-

Ciri pertama penipuan terjadi dalam kasus tersebut adalah akun Instagram mulai mengunggah postingan yang tidak wajar.

Untuk mengetahuinya, Anda dapat mengecek konten-konten akun Instagram ini sebelumnya.

Misalnya, jika akun Instagram ini sering mengunggah konten-konten tentang kesehatan, Anda harus curiga jika akun Instagram-nya mulai mengunggah konten jual beli Iphone.

BACA JUGA:5 Cara Menghentikan Apps Mengumpulkan Data Pribadi Anda

2.   Kolom Komentar Tidak Aktif

Ciri kedua penipuan selanjutnya adalah tidak ada kolom komentar pada postingan tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari interaksi berlebihan atas postingan tersebut.

Biasanya, penipu yang meretas akun Instagram tersebut tidak ingin unggahannya dicurigai oleh followers akun Instagram tersebut.

Menonaktifkan kolom komentar adalah upaya penipu agar netizen yang mencurigai postingan tersebut tidak memberikan komentar dalam postingannya.

BACA JUGA:Minimnya Perlindungan Data Pribadi di Indonesia

3.   Persyaratan yang Mencurigakan

Jika Anda melihat pada kolom deskripsi, di situ terdapat tulisan nominal harga untuk membeli produk tersebut.

Itu adalah letak penipuannya, yaitu penipu ingin orang lain mentransfer nominal tersebut kepada penipu.

Untuk itu, hindari melakukan transaksi terhadap postingan produk tersebut melalui akun Instagram yang telah di-hack ini.

4.   Link yang Mencurigakan


Link yang mencurigakan dalam akun Instagram @dokterunairtv. Hindari menekan link tersebut sebagai bentuk untuk menjaga data privasi Anda. -@dokterunairtv-

Ciri-ciri lainnya adalah terdapat link tertera yang merujuk untuk menghubungi pemilik akun Instagram yang telah di-hack ini. Biasanya, link ini terletak pada profil akun Instagram.

Untuk itu, lebih baik untuk tidak menekan link tersebut karena ada kemungkinan data pribadi Anda bisa di-hack melalui teknik phising.

Teknik tersebut dibuat untuk memancing Anda menekan suatu tombol atau link sehingga peretas dapat mengambil data privasi Anda.

BACA JUGA:7 Data Pribadi yang Sebaiknya Jangan Dibagikan di Fitur Add Yours InstaStory

Berikut merupakan empat ciri-ciri penipuan melalui akun Instagram yang terkena hack. Ada kemungkinan penipu dan peretas (hacker) memiliki banyak cara lain untuk mengambil data pribadi Anda.

Untuk itu, tetaplah waspada terhadap data-data pribadi Anda dari para penipu dan peretas. ()

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: