Ikut Sukseskan Event Penting Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Mojokerto

Ikut Sukseskan Event Penting Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Mojokerto

ANNUR Mukhid Trinanda, mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.-Dok Pribadi-

KEGIATAN magang merupakan bagian integral dari pendidikan tinggi yang memungkinkan mahasiwa untuk mengaplikasikan pengetahuan akademis dalam lingkungan kerja yang sesungguhnya. 

Sebagai mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang fokus pada studi public relation yang didampingi Drs. Edy Sudayono, M.I.Kom, saya memilih untuk melaksanakan kegiatan magang di suatu isntansi yang bergerak di bidang pariwisata dan kebudayaan. 

Yakni, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Mojokerto.

BACA JUGA: Bangga Magang sebagai Kreator Konten di PT Taspen Surabaya

Dinas pariwisata dan kebudayaan adalah lembaga pemerintahan yang bertanggung jawab untuk mengembangakan, mengelola, dan mempromosikan sektor pariwisata dan kebudayaan di suatu daerah. Pengalaman magang pertama ini, saya ditempatkan pada devisi pariwisata. 

Awalnya saya berpikir hanya ditugaskan untuk menangani akun media sosial instansi tersebut supaya citra tidak redup serta mendiskusikan startegi bagaimana cara destinasi pariwisata di Kabupaten Mojokerto lebih berkembang dan diketahui banyak orang.


KEGIATAN Magang Annur Mukhid Trinanda di Dinas Pariwisata Kabupaten Mojokerto -Dok Pribadi-

Namun, pelaksanaan magang 36 hari tersebut tidak sesuai dengan bayangan saya di awal. Saya ditugaskan instansi untuk membantu di bidang kebudayaan dan olahraga. Bahkan, saya juga diterjunkan ke lapangan untuk membantu event-event besar yang sedang berlangsung pada saat itu. 

BACA JUGA: Banyak Kegiatan Selama Magang di Dinas Kominfo Kota Madiun

Contohnya, Majafest, lomba macapat, dan Porprov Jatim 2023. Saat event Majafest yang berlangsung tiga hari, saya ditugaskan dalam proses pembuatan konten pada media sosial seperti Instagram dan TikTok. 

Adapun detail yang saya lakukan dalam proses pembuatan konten ialah membuat konsep konten dan mendokumentasikan kegiatan tersebut dalam bentuk foto dan video. Seusai event Majafest, saya ditugaskan dalam event lomba macapat yang berlangsung sehari di kantor bupati Mojokerto. 

Ketika lomba macapat berlangsung, saya ditempatkan di seksi perlengkapan dan registrator peserta yang mengikuti lomba tersebut. 

BACA JUGA: Serunya Magang sebagai Kreator Konten Media Sosial di Media Mainstream

Untuk tugas selanjutnya, saya berkesempatan berkontribusi dalam beberapa job desc pada event Porprov Jatim, dari sebelum event berlangsung hingga berakhir.  Detail tugas saya sebelum event tersebut berlangsung ialah menjadi registrator pada rapat-rapat besar maupun technical meeting yang dihadiri pejabat dan jajarannya yang ikut terlibat dalam event tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: