MUI Apresiasi Peran Jokowi Soal Isu Palestina di OKI

MUI Apresiasi Peran Jokowi Soal Isu Palestina di OKI

Jokowi dan para menteri Kabinet Indonesia Maju 2 di ruang rapat Kabinet Gedung Putih, 13 November lalu melakukan lobi diplomatik mengajak Amerika Serikat untuk menghentikan kekejian Israel di Gaza-Setpres-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Majelis Ulama Indonesia (MUI) memberikan apresiasi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah menyampaikan pernyataan tegas tentang tindakan keji dan biadab Israel di Gaza

Beberapa aksi diplomatik Jokowi diwujudkan dalam beberapa forum internasional. Salah satunya di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Riyadh, Arab Saudi pada Sabtu, 11 November 2023. 

Hal yang sama juga disampaikan oleh Presiden Jokowi saat bertemu Joe Biden di Ruang Oval, Gedung Putih, pada Senin, 13 November lalu. 

“Hal tersebut sudah sesuai dengan harapan dan tuntutan seluruh masyarakat Indonesia,” Kata Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI Pusat Zainut Tauhid Sa'adi.

BACA JUGA:MUI: Haram Beli Produk Pendukung Agresi Israel

Zainut menilai, sikap tegas Presiden Jokowi menunjukkan bentuk keberpihakan dan pembelaan terhadap perjuangan rakyat Palestina

Presiden Jokowi telah mengambil langkah-langkah diplomatik yang strategis, cerdas dan bermartabat melalui forum OKI dengan mengajak seluruh anggota OKI untuk mengambil peran terdepan dengan menggunakan semua cara, semua pengaruh, dan semua upaya diplomasi untuk membela keadilan dan kemanusiaan di Palestina.

Meski demikian, Mantan Wakil Menteri Agama RI tersebut menilai bahwa Israel semakin brutal dan tidak terpengaruh sedikitpun dengan seruan dan desakan dunia Internasional untuk segera melakukan gencatan senjata dan memberi ruang bagi bantuan kemanusiaan. 

“Serangan dan pembantaian brutal terhadap masyarakat sipil terus berlangsung, bahkan terakhir melakukan penyerangan ke kompleks medis al-Shifa dengan tujuan menghancurkan sistem layanan kesehatan Gaza dan menggusur warga Palestina,” sebut Zainut. 

BACA JUGA:Totalitas Bela Palestina, MUI Keluarkan Fatwa Boikot Produk-Produk yang Dukung Israel

Untuk hal tersebut MUI meminta Pemerintah Indonesia terus mendesak Dewan Keamanan (DK) PBB agar memberikan sanksi keras kepada Israel yang menolak resolusi DK PBB untuk jeda kemanusiaan dan membuka koridor kemanusiaan di Gaza. 

Padahal, koridor kemanusiaan sangat krusial yang memungkinkan pengiriman bantuan dan evakuasi medis. 

DK PBB juga harus menghentikan ambisi jahat Israel yang ingin menganeksasi seluruh wilayah Gaza dengan dalih dan alibi melakukan Operasi Pedang Besi sebagai serangan balasan Israel atas serangan Hamas.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: