7 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan, Dari Cegah Pikun Sampai Antikanker

7 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan, Dari Cegah Pikun Sampai Antikanker

7 MANFAAT kunyit untuk kesehatan, dari cegah pikun sampai antikanker.-Karl Solano -Pexels

Mencegah Kanker

Nah, ini salah satu manfaat kurkumin yang dinilai sangat penting. Dilansir dari NutritionFacts.org, kurkumin memiliki kemampuan untuk membunuh sel tumor. Ia juga mampu mencegah sel tumor yang sudah mati untuk berkembang menjadi sel kanker kembali.

Bukan cuma membantu mengatasi, kurkumin juga dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Sehingga dapat menurunkan risiko terbentuknya kanker. Sakti, bukan?

BACA JUGA: Segudang Manfaat Semangka yang Jadi Simbol Perlawanan Palestina

Konsumsi Kunyit yang Disarankan


7 MANFAAT kunyit untuk kesehatan, dari cegah pikun sampai antikanker. -Ranadipta Sandhukan -Pexels

Meskipun kunyit memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, konsumsi kunyit per hari tetap harus dibatasi. Tidak boleh berlebihan.

Kita hanya boleh mengonsumsi kunyit maksimal 490 mg per hari selama seminggu. Jika dikonsumsi secara berlebihan, kunyit justru berisiko menimbulkan sejumlah efek samping. Misalnya gangguan sistem pencernaan (perut kembung dan diare), sakit kepala, dan reaksi alergi.

BACA JUGA: Manfaat Kopi yang Belum Banyak Diketahui

Cara mengonsumsi kunyit sangat mudah. Minuman kunyit biasa kita temukan sebagai jamu. Yang biasanya dibuat dengan cara ditumbuk dan diperas airnya. Hanya saja, tidak banyak yang suka minum jamu karena rasanya kurang enak.

Nah, kunyit juga bisa diolah menjadi minuman herbal yang rasanya lezat. Anda masih boleh beberapa bahan ke dalam air rebusan kunyit. Syaratnya, bahan-bahan itu harus alami. Misalnya dari madu, lemon, jeruk nipis, jahe, dan minyak kelapa.

Itulah sejumlah manfaat kunyit buat kesehatan. Maka, tidak ada salahnya Anda mengonsumsi kunyit secara rutin dalam dosis yang sudah disarankan. Mudah didapat, harganya murah, dan sangat berguna buat tubuh. Kurang apa lagi? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber