Gelar Cipta Karya Boga, Unesa Hadirkan Ratusan Inovasi Kuliner Tradisional Pandhalungan

Gelar Cipta Karya Boga, Unesa Hadirkan Ratusan Inovasi Kuliner Tradisional Pandhalungan

Serunya pengunjung Gelar Cipta Karya boga dengan tema Atelier of Pandhalungan yang antusias mencicipi salah satu hidangan karya kelompok 5A Atelier of Bondowoso. -Patria/Humas Unesa-

HARIAN DISWAY - S1 Pendidikan Tata Boga angkatan 2021 Universitas Negeri Surabaya menghelat Gelar Cipta Karya Boga dengan tema Atelier of Pandhalungan pada Sabtu, 25 November 2023 di Gedung Balai Prajurit Kodam, Surabaya.

Terdapat empat daerah di Jawa Timur yang diambil sebagai referensi inovasi dalam menghidangkan kuliner pada pergelaran tersebut, yakni Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi. 

Keempat daerah tersebut terbagi dalam 23 kelompok yang terdiri dari 63 mahasiswa dan terdapat 150 lebih produk yang ditampilkan.

Produk-produk tersebut meliputi main course atau hidangan pembuka, appetizer atau hidangan utama, dessert atau hidangan penutup, dan ragam awetan.

BACA JUGA: Cocok Jadi Menu Diet, Ini 6 Bahan Makanan Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi

Dari Atelier of Jember ada langgi gulung, bakso udang kelor, puding tape kuah santan, es krim santan waluh, fruity marshmallow, dan lokum rujak markisa.

Kemudian ada jiao zi rujak, chicken & mutton skewers, brownie blondie choco bom, abon tongkol asap, dendeng lumat, dan dodol tape sukun.

Lalu ada chicken ballotine with soto pandhalungan sauce, choux au craqueline with diplomat cream suwar suwir, bakso kabut kupang with tomyum soup, puding sedot yogurt jeruk, es krim tahu hwa, dan sambal ijo ikan layang asap.


Nama menu ini Grill Steak Rujak Soto karya Muhammad Iqbal Salahuddin dari Pendidikan Tata Boga. -Patria/Humas Unesa-

Selain itu ada pula dumpling kakap with pecel garahan, cream caramel prol tape with vla tape, pencil tuna with sauce pedas gumukmas, wedang cor candy, brownies kering tape ubi ungu, serta sosis ikan tongkol dan udang dengan saus bumbu ayam lodho.

Lebih lanjut ada ballci tofu, gudeg stuffed chicken roll, caramel jenang waluh puding, sambal asap kembung edamame, kerupuk ikan benggol, dan galantin edamame ikan kembung.

Hadir pula rujak cingur rolls, proll tompouce, tuna katsu, sumpia abon tongkol asap bumbu hitam, manisan kulit buah naga, dan herbal chaleur tea blends.

BACA JUGA: Tim PKM Dosen JBSI Unesa Ajari Guru SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung Menulis Karya Ilmiah

Beralih ke Atelier of Bondowoso ada sajian hakau tulangan ayam pedas, nasi mamong tutug oncom, tiramisu with cake tape, ayam asap bumbu tulangan, tape and mangoo puff, dan selai lembaran mangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: