Cocok Jadi Menu Diet, Ini 6 Bahan Makanan Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi

Cocok Jadi Menu Diet, Ini 6 Bahan Makanan Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi

COCOK jadi menu diet, ini 6 bahan makanan sumber karbohidrat pengganti nasi.-Roman Odintsov -Pexels

HARIAN DISWAY - Kalau belum makan makan nasi, berarti belum makan. Itulah jokes yang identik di kalangan masyarakat Indonesia. Padahal, ada 6 bahan pangan sumber karbohidrat pengganti nasi.

Nasi putih memang makanan pokok masyarakat Indonesia. Ia juga menjadi sumber karbohidrat utama. Meski begitu, tak sedikit orang yang mencari alternatif karbohidrat lain untuk menggantikan nasi.

Hal itu bukan tanpa alasan. Bagi sebagian orang, nasi merupakan bahan makanan yang memiliki kalori tinggi. Dikutip dari laman Departemen Pertanian Amerika Serikat/USDA, per 100 gram nasi putih mengandung hingga 130 kalori.

BACA JUGA: Dua Prinsip Diet ala Jepang yang Tidak Menyiksa, Masih Bisa Makan Dessert dan Jajanan Ringan!

Bagi orang yang memiliki kondisi medis tertentu, nasi putih masuk dalam kategori pantangan yang wajib dihindari. Misalnya bagi penderita diabetes. Sedangkan buat yang ingin menurunkan berat badan, konsumsi nasi harus dibatasi.

Nah, agar kebutuhan karbohidrat harian tetap terpenuhi meski sedang diet, inilah 6 bahan makanan yang dapat dijadikan pengganti nasi putih.

1. Kentang


Cocok jadi menu diet, Ini 6 bahan pangan sumber karbohidrat pengganti nasi-Pixabay

Kentang merupakan salah satu alternatif nasi yang sudah banyak diketahui orang. Kentang juga menjadi salah satu menu andalan yang dapat dikonsumsi saat diet.

BACA JUGA: Jangan Ditiru! Dari IU sampai Jimin BTS, Ini 5 Idol K-Pop yang Pernah Jalani Diet Ekstrem

Tak hanya rendah karbohidrat, kentang mengandung vitamin B6, vitamin C, kalium, protein, omega-3, omega-6, dan zat besi.

Kentang dapat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Kentang juga salah satu bahan makanan sumber serat yang bisa melancarkan pencernaan.

Selain menu diet, kentang punya segudang manfaat seperti efek antioksidan, anti-inflamasi, anti-kanker, menurunkan kolesterol, dan menyeimbangkan gula darah.

BACA JUGA: Tiga Kali Per Hari Konsumsi Soda Diet Bikin Risiko Autisme pada Ibu Hamil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber