Punya Tujuan Bangun Ekosistem Digital, Prabowo-Gibran Mulai dari 10 Kota di Indonesia

Punya Tujuan Bangun Ekosistem Digital, Prabowo-Gibran Mulai dari 10 Kota di Indonesia

TKN Prabowo-Gibran: UNESCO meresmikan bahasa Indonesia. Prabowo-Gibran diharapkan dapat melanjutkan keberhasilan dari Jokowi yang telah mengekspor budaya dengan menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa global.-@prabowo-

Dalam perinciannya, ia menyebutkan IKN Kalimantan Timur dan Sumatera 1 akan menjadi kota industri chips dan nanotechnology, Sumatera 2 jadi industri IOT dan sensors, Jawa 1 jadi industri Al (Artificial Intelligence) dan teknologi komputasi, Jawa 2 jadi industri mobile devices dan VR/AR, Jawa 3 jadi industri robotics dan autonomous vehicles.

Kemudian, Bali jadi industri human-computer interface dan social media, Sulawesi industri biotechnology dan agricultures, Maluku energy storage industries dan Papua yang menjadi industri satellite dan connectivity.

Budiman menyebutkan, butuh sumber daya dan dana yang besar dalam membangun 10 kota inovasi ini. Ia mengklaim, pembangunan sebuah kota inovasi akan menghabiskan hingga USD 557 juta. Maka dari itu, pembangunan 10 kota inovasi ini tak hanya akan melibatkan pemerintah. Tapi seluruh pemangku kepentingan.

BACA JUGA: Kedepankan Gaya Kampanye Santun, Prabowo Jelaskan Arti Warna Biru Muda

"Pak Prabowo-Gibran menawarkan pendekatan kesiapan teknologi dan kesiapan pasarnya adalah kolaborasi dengan para pemangku kepentingan, inilah kolaborasinya, ada kekuatan otak komunitas, uang, dan pemerintah. Masing-masing ada hubungannya, kita bangun ekosistem," ujar dia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: