Belajar dari Peristiwa di India, Ini 5 Kasus Penambang Terjebak Hingga Tewas di Pertambangan Sepanjang 2023

Belajar dari Peristiwa di India, Ini 5 Kasus Penambang Terjebak Hingga Tewas di Pertambangan Sepanjang 2023

Penambang tradisional yang menyaring bijih emas di pertambangan kecil di Zimbabwe pada 13 April 2019. -Forbes-

HARIAN DISWAY - Kasus terjebaknya pekerja di perusahaan tambang cukup menuai perhatian publik hingga di pengujung 2023 ini. Beberapa di antaranya dapat berhasil selamat dan sisanya harus kehilangan nyawa mereka.

Berikut lima kasus pekerja yang terjebak di pertambangan yang terjadi pada 2023, di antaranya:

1. Tambang Batu Bara di Mongolia 


Kendaraan penyelamat di lokasi tambang batu bara yang runtuh di Alxa, Mongolia, Tiongkok Utara pada 23 Februari 2023. -CNN-

Tambang batubara terbuka di Alxa Banner di Mongolia, Tiongkok Utara tersebut mengalami keruntuhan pada 22 Februari 2003. Kejadian tragis tersebut menyebabkan enam orang tewas, enam orang luka-luka dan 50 lainnya hilang.

Runtuhnya pertambangan tersebut membuat puluhan pekerja dan juga kendaran alat berat ikut terkubur ke dalam lubang sedalam 80 meter yang setara dengan ketinggian bangunan 20 lantai tersebut.

BACA JUGA: Ekspor Batu Bara Dilarang, Saham Tambang Rontok

2. Tambang Emas di Kongo 


Tim penyelamat yang berusaha mengevakuasi 9 penambang yang terjebak di dalam pertambangan emas di Kongo, Afrika pada 25 Maret 2023. -6abc Philadelphia-

Sebuah tambang emas di Kongo, Afrika runtuh menyebabkan sembilan pekerja tambang terperangkap di dalamnya. Insiden itu terjadi pada 25 Maret 2023 akibat minimnya peralatan dan prosedur keselamatan yang sesuai.

Mereka pun terjebak dan di bawah tanah dan memiliki kemungkinan kecil untuk bertahan hidup. 

BACA JUGA: Terjebak 30 Jam di Tambang Batu Bara, Dua Puluh Penambang Akhirnya Selamat

Meski begitu, akhirnya para pekerja tersebut berhasil diselamatkan. Mereka tampak langsung berlarian keluar bergantian karena khawatir longsoran tanah yang jatuh semakin banyak. 

3. Tambang Batu Bara di Tiongkok Utara 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: