Hari Guru Diisi Janji-Janji Gaji

Hari Guru Diisi Janji-Janji Gaji

Ilustrasi Hari Guru yang diisi janji-janji gaji.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Itu pun, para buruh demo. Protes karena mereka anggap kenaikannya terlalu kecil. Berharap UMP Rp 10 juta. Padahal, nilai kenaikan UMP DKI di 2024 saja setara dengan separuh gaji guru tadi, yang Rp 300 ribu per bulan.

Jadi, ya… Beratlah para guru. Pusing, sambil tetap mendidik. Bisa dibayangkan kualitas mereka.

Sampai-sampai ada wakil kepala SD di Bekasi yang diperkarakan ke polisi karena di sekolah itu terjadi perundungan murid sampai kakinya diamputasi (Nama siswa: Fatir Arya Adinata). Sedangkan, si guru mengatakan itu bukan perundungan, melainkan candaan.

BACA JUGA: Curhatan di Hari Guru, Reni Astuti Dapati Pengajar Bergaji Rp 500 Ribu di Surabaya

Kalau gurunya ”berat”, bisa diperkirakan, bagaimana kualitas siswa? Padahal, siswa adalah para pemimpin Indonesia masa depan. 

Di kasus yang dikatakan Johnny itu bukan cuma gaji Rp 300 ribu. Melainkan juga para gurunya teken di slip gaji yang bertulisan Rp 9 juta. Ada unsur pidana di situ.

Tapi, lain lagi kalau kandidat pejabat publik kampanye. Capres Ganjar Pranowo, dikutip dari YouTube Rhenald Kasali, Kamis, 7 September 2023, berjanji menggaji guru Rp 30 juta per bulan. Kalau ia menang.

Di situ Ganjar menyatakan prihatin pada gaji guru yang kecil. Ditanya Rhenald, berapa gaji guru selayaknya?

Ganjar: ”Saya kemarin minta tolong teman-teman yang ahli pendidikan dan keuangan, untuk mengalkulasi. Hasilnya, saya bayangkan, kalau guru kita baru masuk pertama, masih baru masuk ini… Gajinya mestinya Rp 10 juta per bulan. Dengan gaji segitu, langsung akan menarik minat para orang-orang pintar di negara ini untuk mau menjadi guru. Sebab, gaji guru bisa bersaing dengan manajer di perusahaan bonafide.”

Pewawancara tampak kaget. Suasana hening. Entah pewawancara kagum atau heran. Cuma ia yang tahu.

Ganjar berlanjut: ”Dugaan saya, orang pintar mau jadi guru karena gaji pertama kali masuk Rp 10 juta per bulan. Kalau kemudian sekian tahun, bisa Rp 20 juta, lalu bisa naik lagi jadi Rp 30 juta. Nggak usah cerita Rp 50 juta lah… Cukup Rp 30 juta sudah bagus.”

Lha, selama ini Ganjar selaku gubernur Jawa Tengah bagaimana?

Ganjar: ”Sudah saya cek, gaji guru di sekitar Rp 200.000 sampai Rp 300.000 per bulan. Kemudian, saya tetapkan saja. Sekarang saya paksa, setelah dihitung, seluruh guru minimal bergaji UMK.” 

UMK adalah upah minimum kabupaten/kota. Karena gubernur Jateng berada di Semarang, yang dimaksud Ganjar adalah UMK Semarang Rp 3.060.349 per bulan. 

Masih jauh dari yang Ganjar janjikan, bakal Rp 30 juta per bulan per guru se-Indonesia. Artinya, berdasar data Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemendikbudristek, pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023, ada 3,3 juta guru di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: