KPU Jatim Minta Petugas KPPS Dilindungi BPJS Kesehatan

KPU Jatim Minta Petugas KPPS Dilindungi BPJS Kesehatan

Pengambilan sumpah anggota PPK di Surabaya , 4 Januari 2023.-Boy Slamet-

Selain itu, syarat usia juga diubah menjadi 17-55 tahun. KPU memprioritaskan para tenaga muda. Pelajar maupun mahasiswa pun diperkenankan mendaftar.

Sebab, kata Rochani, petugas yang meninggal pada Pemilu 2019 banyak yang berusia di atas 50 tahun. Rata-rata punya komorbid. Meski ada beberapa petugas muda yang meninggal karena kecelakaan.

Sementara itu, hasil seleksi administrasi bakal diumumkan pada 23 Desember 2023. Kemudian tanggapan dan masukan masyarakat terhadap calon anggota KPPS diberi waktu tiga hari. Mulai 23-25 Desember. 

Lalu hasil seleksi calon anggota KPPS akan diumumkan 29-30 Desember 2023. Dan tidak langsung ditetapkan. Yang lolos baru ditetapkan pada 24 Januari 2024 dan dilantik esok harinya.

Artinya, ada jeda waktu selama 24 hari sebelum penetapan. Masa ini akan dimanfaatkan untuk skrining kesehatan lebih ketat. Tentu menggunakan layanan BPJS Kesehatan. “Baru ketika sudah dilantik akan ada bimbingan teknis serentak,” tandasnya.

Rochani pun menjelaskan, besaran honor KPPS sudah dinaikkan. Dulu ketua KPPS mendapat honor Rp 900 ribu, kini naik jadi Rp 1,2 juta. Untuk anggota KPPS naik dari Rp 850 ribu jadi Rp 1,1 juta. Sedangkan untuk Linmas naik dari Rp 650 ribu jadi Rp 700 ribu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: