Anies Soroti soal KKN di Forum PWI: Bisa Turunkan Kepercayaan Pada Institusi Pemerintah

Anies Soroti soal KKN di Forum PWI: Bisa Turunkan Kepercayaan Pada Institusi Pemerintah

Anies Baswedan berbicara soal integritas aparat dan penegakan hukum di forum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada Jumat, 1 Desember -Timnas Amin -

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Capres nomor urut 1 Anies Baswedan menghadiri dialog yang dilaksanakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dalam rangka perayaan Hari Pers Nasional (HPN) tahun depan di Kantor Dewan Pers, Jumat, 1 Desember 2023.

Di acara tersebut Anies memaparkan beberapa persoalan yang ditanyakan para panelis yang terdiri dari pengurus PWI di berbagai daerah Indonesia.

Salah satu topik yang ditanyakan panelis adalah persoalan penguatan demokrasi dan penegakan hukum

BACA JUGA:Harmoni Lintas Agama: Anies Baswedan Hadiri Mubes Persatuan Gereja Pantekosta

Anies menegaskan bahwa pilar penting dalam demokrasi adalah trust atau kepercayaan. 

"Kami melihat trust mengalami penurunan luar biasa. Apalagi menjelang pemilu sekarang ini. Percakapan dominan saat ini adalah tentang netralitas negara dan lembaga negara. Itu artinya ada masalah. Ada trust yang semakin menurun," tegas Anies. 

Apalagi, lanjut Anies, dalam beberapa waktu terakhir publik dihebohkan dengan Mahkamah Konstitusi (MK) yang sejatinya sebagai pengawal demokrasi dan konstitusi tapi mendapat sorotan tajam.

Apalagi setelah keluar putusan Mahkamah Kehormatan (MK) MK yang memutuskan bahwa mantan Ketua MK Anwar Usman melanggar etik. 

BACA JUGA:Kampanye di Bogor, Capres Anies Janji Bereskan Transportasi Umum Hingga KPR untuk Semua

"Kemarin kita diramaikan lagi dengan data KPU yang bocor. Ini semua akan membuat penurunan trust kepada institusi pemerintahan," jelas Anies.

Capres yang diusung koalisi Nasdem, PKS, dan PKB itu bertekad untuk mengembalikan kembali tingkat kepercayaan publik pada lembaga-lembaga pemerintah. 

Memulihkan kualitas demokrasi, menegakkan hukum dan HAM secara adil, dan memberantas segala bentuk praktik KKN.

"Khusus lembaga penegak hukum kita, cara mengembalikan trust itu tadi (lembaga penegak hukum) ya harus independent dan diisi oleh orang-orang berintegritas," ujar Anies.

Selain itu, lanjut Anies, komitmen negara dalam menghadang tumbuhnya kembali praktik nepotisme harus menjadi fokus serius setiap penyelenggara negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: