Bicara di Forum R20 ISORA, Rabi Yahudi Sebut Indonesia adalah Pemimpin Kemanusiaan Bagi Dunia

Bicara di Forum R20 ISORA, Rabi Yahudi Sebut Indonesia adalah Pemimpin Kemanusiaan Bagi Dunia

Rabi Yahudi asal Israel Dr. Yakov Nagen saat menghadiri Forum R20 ISORA di Hotel Park Hyatt, Jakarta pada Senin, 27 November 2023. Dalam forum tersebut, Nagen siap membawa hasil kesepakatan forum berupa pesan harapan kemanusiaan ke Israel. -TVNU Televisi Nahdlatul Ulama-Youtube

HARIAN DISWAY - Rabi Yahudi asal Israel Dr. Yakov Nagen mengatakan bahwa Indonesia menjadi negara pembawa pesan harapan kemanusiaan atas perang Hamas-Israel

Hal itu ia sampaikan dalam Forum R20 International Summit of Religious Authorities atau R20 ISORA 2023.

Forum tersebut menjadi tempat pertemuan semua tokoh agama di dunia untuk membawa pesan harapan kemanusiaan.

Dr. Yakov Nagen menjadi perwakilan tokoh agama Yahudi untuk membawa pesan harapan kemanusiaan ke Israel.

Dia bersyukur Indonesia mengadakan forum ini pada Senin, 27 November 2023 mengingat Indonesia terkenal dalam slogan kemanusiaan.

“Mereka percaya Indonesia adalah negara adidaya kemanusiaan, slogan Bhinneka Tunggal Ika,” ucap Nagen saat selesai pembukaan Forum R20 ISORA di Hotel Park Hyatt, Jakarta.

BACA JUGA:Putus Sudah Harapan Gencatan Senjata Permanen, PM Israel Netanyahu Sebut Gara-Gara Hamas Enggan Bebaskan Tawanan

Nagen mengatakan bahwa Forum R20 ISORA ini menjadi forum kesepakatan bersama bahwa meskipun dunia ini memiliki identitas agama yang berbeda-beda, tetapi semua agama harus bersatu untuk menciptakan perdamaian dunia.

“Forum ini membuat pernyataan bahwa identitas agama kita berbeda, tetapi mereka harus menyatukan kita. Dan inilah yang dipimpin Indonesia dan Nahdlatul Ulama dan kami sangat bersyukur dunia harus tahu tentang hal ini,” jelasnya.

Dia memandang bahwa dunia memiliki dua kekuatan, yaitu kekuatan positif dan negatif. Namun sayangnya, dunia terlalu banyak melihat kekuatan negatif terutama lembaga pers yang terlalu banyak berfokus pada sisi negatif atas peristiwa yang terjadi di Palestina.

“Pers dunia berfokus pada hal-hal negatif, tetapi tinggal di Tanah Suci, saya punya banyak teman Palestina dan Muslim, rabi Yahudi, dan kita tahu ada banyak kerja sama yang tidak diungkapkan dalam pers dunia,” ungkapnya.

BACA JUGA:Peperangan di Gaza Kembali Meledak, Ucapan Netanyahu Untuk Lanjutkan Perang Akhirnya Jadi Kenyataan

Dr. Yakov Nagen mengatakan bahwa terdapat 880.000 masyarakat Badui di Rahat, Israel, menjadikan kota muslim terbesar di Israel. Mereka sangat menderita karera mereka disiksa dan disandera oleh Israel. 

Meskipun berada di wilayah Israel, Nagen memandang mereka adalah suku yang sama dari orang-orang yang tinggal di Gaza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: