Daftar 10 Peserta IBL 2024: Tanpa Mountain Gold Timika, West Bandits Solo, dan Indonesia Patriots

Daftar 10 Peserta IBL 2024: Tanpa Mountain Gold Timika, West Bandits Solo, dan Indonesia Patriots

Suasana Final IBl 2023 antara Prawira vs Pelita Jaya. IBL 2024 rencananya dimulai pada 13 Januari 2024-Hariyanto/IBL-

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Indonesian Basketball League (IBL) mengalami perubahan peserta pada musim mendatang. Ada tiga tim yang tidak berpartisipasi dalam IBL 2024. Mereka adalah Mountain Gold Timika, West Bandits Solo, dan Indonesia Patriots.

Adapun dua tim pertama kehilangan lisensi. Mountain Gold dan West Bandits mengalami berbagai masalah yang berujung pada penunggakan gaji pemain dan ofisial tim selama musim 2023.

IBL mencabut lisensi Mountain Gold pada 17 November 2023. Sedangkan IBL mengumumkan West Bandits mengembalikan lisensi pada Minggu, 3 Desember 2023.

Pada saat yang sama, IBL juga mengumumkan tim baru untuk musim 2024. Kesatria Bengawan Solo membeli lisensi West Bandits tersebut. Untuk itu, kota Solo tetap punya wakil pada musim mendatang.

BACA JUGA:Dua Tim Berganti Nama Menjelang Musim Baru IBL 2024

BACA JUGA:Terobosan Baru! IBL 2024 Pakai Format Home-Away Sejak Seri Reguler

Kesatria Bengawan optimis musim perdana berjalan lancar. Mereka bahkan mematok target lolos playoff. “Sejauh ini sejumlah pemain sudah sepakat untuk bergabung. Pelatih dan staf juga tengah meracik komposisi tim terbaik,” kata Presiden Klub Yakup Putra Hasibuan dalam keterangan resminya.


TEROBOSAN baru lagi! IBL 2024 pakai format home-away sejak seri reguler. Foto: Prawira Bandung vs Pelita Jaya di final IBL 2023.-IBL -

Sedangkan Patriots merupakan tim yang berisi pemain muda timnas. Seiring dengan kerja sama PP Perbasi dengan Federasi Bola Basket Lithuania, mereka mengubah program para pemain muda timnas tersebut. Patriots tidak lagi mengikuti IBL karena menjalankan program di Lithuania. 

Selain itu, juga ada perubahan yang terjadi di tim-tim lain. Evos Thunder Bogor berganti lisensi dan berubah menjadi Rajawali Medan. Borneo Basketball Pontianak berganti nama menjadi Borneo Hornbills. Lalu RANS PIK Basketball beralih menjadi RANS Simba Bogor.

Dengan perubahan-perubahan itu, peserta IBL 2024 saat ini tercatat 14 tim.

Selain Kesatria Bengawan Solo, tiga tim yang mengalami pergantian lisensi dan nama itu, ada 10 tim lama yang akan mengikuti IBL 2024.

- Prawira

- Satria Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: