Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran, dr. Rina Adeline Jelaskan Manfaat Asam Folat Bagi Bumil

Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran, dr. Rina Adeline Jelaskan Manfaat Asam Folat Bagi Bumil

TKN Prabowo-Gibran bahas tentang manfaat asam folat bagi ibu hamil dan balita. Dr. Rina mengatakan bahwa vitamin D dan asam folat sangat menunjang bagi ibu hamil dan balita. --

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Asam folat menjadi ramai dibahas setelah Gibran Rakabuming Raka secara singkat pernah menjelaskan tentang pentingnya asam folat tersebut untuk ibu hamil.

Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran, dr. Rina Adeline Sumantri menjelaskan kembali bahwa yang dijelaskan oleh Gibran Rakabuming Raka adalah hal yang baik sebagai edukasi kepada publik.

Dr. rina banyak membeberkan lebih banyak tentang program gizi gratis untuk ibu hamil dan balita dari pasangan Prabowo-Gibran.

“Pemenuhan kebutuhan gizi saat kehamilan adalah hal yang paling penting untuk menurunkan stunting. Itulah mengapa Prabowo-Gibran memiliki program bantuan gizi untuk ibu hamil dan balita,” jelas dr. Rina spesialis mikrobiologi klinik tersebut pada Selasa, 5 Desember 2023.

BACA JUGA:TKD Prabowo-Gibran Jatim Bermarkas di Jalan Diponegoro, Bekas Posko Pemenangan Khofifah-Emil Pada Pilgub Jatim 2018

BACA JUGA:Gibran Dipanggil Kiyowo Saat di Ponpes Asshiddiqiyah 2


TKN Prabowo-Gibran bahas tentang manfaat asam folat bagi ibu hamil dan balita. Dr. Rina mengatakan bahwa vitamin D dan asam folat sangat menunjang bagi ibu hamil dan balita. 

Salah satu bentuk dari program bantuan gratis tersebut, kata dr. Rina adalah dengan memberikan bantuan asam folat dan vitamin D.

“Ide yang paling menarik adalah dengan memberikan bantuan asam folat dan vitamin D. Tapi itu juga harus disertai dengan pemeriksaan rutin, dan rencananya akan dilakukan pemeriksaan selama enam kali selama masa kehamilan,” jelasnya.

Menurutnya, pemberian asam folat dan vitamin D dalam program tersebut dapat menurunkan kemungkinan stunting pada anak-anak.

“Asam folat adalah suatu jenis vitamin B kompleks yang diperlukan ibu hamil. Beberapa manfaatnya yaitu pembentukan sistem saraf janin, pembentukan plasenta, mencegah anemia, mencegah keguguran, hingga menurunkan resiko preeklamsia,” lanjutnya.

BACA JUGA:Tukang Becak di Blitar Deklarasikan Dukung Prabowo, Berharap Rakyat Kecil Lebih Diperhatikan

BACA JUGA:Tegas! Prabowo-Gibran: Tidak Ada Pengalihan Dana Sosial ke Program Makan Siang Gratis

Selain pemenuhan asam folat, ia menekankan juga betapa pentingnya pemberian vitamin D kepada ibu hamil.

Vitamin D kata dr. Rina sangat dibutuhkan dan menunjang penyerapan kalsium, menjaga fungsi otot, membantu pertumbuhan gigi hingga mencegah berat badan lahir rendah pada janin.

Dengan adanya program tersebut, Prabowo-Gibran menargetkan penurunan stunting dapat terwujud lebih cepat.

“Targetnya menurunkan angka stunting sampai dibawah 10 persen dalam waktu 3-5 tahun, dan menurunkan tingkat kematian balita yang saat ini masih sekitar 21 orang per seribu kelahiran,” terangnya.

“Dengan kebutuhan gizi terpenuhi melalui pemberian asam folat dan vitamin D pada ibu hamil, stunting pastinya akan menurun, harapannya akan terlahir generasi-generasi yang berkualitas untuk masa depan Indonesia,” tambahnya.   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: