Indonesia Juga Alami Kenaikan Kasus Covid-19,151 Kasus Positif Pada November 2023

Indonesia Juga Alami Kenaikan Kasus Covid-19,151 Kasus Positif Pada November 2023

Prof DR Dr Erlina Burhan, SpP(K) menjelaskan data terkait peningkatan Covid-19 di Indonesia pada bulan Oktober-November 2023. --

HARIAN DISWAY - Penyebaran kasus Positif Covid-19 dilaporkan meningkat di beberapa negara Asia Tenggara, diantaranya Malaysia dan Singapura. Bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia sempat mengalami peningkatan kasus Covid-19 pada November 2023 yang dipicu salah satu subvarian Omicron yaitu EG.5.

Hal itu diungkapkan Ketua Satgas Covid PB IDI Prof DR Dr Erlina Burhan, SpP(K) dalam media briefing IDI pada 6 Desember 2023.

Data dari Global Initiative on Sharing All Influenza Data (GISAID) mencatat Indonesia mengalami kenaikan kasus subvarian EG.5 hingga 20 persen pada bulan Juni-Agustus 2023.

“Di bulan Agustus, kasus Covid-19 di Indonesia mulai menurun kembali,” tutur Erlina.

Dari data yang didapat Erlina, rupanya Indonesia juga mengalami kenaikan kasus Covid-19 kembali di antara bulan Oktober dan November 2023.

“Pada awal bulan Oktober, ada 65 kasus yang ditemukan di Indonesia dengan 0 kasus kematian,” kata Erlina.

BACA JUGA: Lonjakan Kasus Covid-19 Terjadi di Singapura dan Malaysia, Apa Penyebabnya?

“Namun di akhir bulan November, ada kenaikan kasus hingga 151 kasus yang ditemukan dengan 1 kasus kematian,” imbuhnya.

Erlina juga membahas tentang situasi rumah sakit di Indonesia. Ada 2 rumah sakit yang diketahui Erlina tentang situasi rawat inap akibat Covid-19.

“Pertama dari data RSUD dr. Soetomo Surabaya mencatat ada 2 pasien rawat inap dalam rentang periode Oktober-November 2023,” ujar Erlina.

“Lalu yang kedua dari data Jawa Barat mencatat bed occupancy rate lebih kecil 3 persen dalam rentang periode September-November 2023,” pungkas Erlina. (Wehernius Irfon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: