Terima Kunker Komisi X DPR RI, Gus Ipul Paparkan Potensi Pariwisata Kota Pasuruan

Terima Kunker Komisi X DPR RI, Gus Ipul Paparkan Potensi Pariwisata Kota Pasuruan

Penerimaan tali asih. Tampak Deddy Yusuf dan Gus Ipul. Gus Ipul menerima kunjungan kerja Komisi X DPR RI ke Kota Pasuruan. -Lailiyah Rahmawati-

HARIAN DISWAY - Kunjungan kerja yang dilakukan DPR RI Komisi X di Gedung Gradika pada Rabu, 6 Desember 2023, disambut antusias Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf atau yang karib disapa Gus Ipul.

Kunjungan komisi yang membidangi Pendidikan dan Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini membahas tentang wisata di Kota Pasuruan. Khususnya Payung Madinah dan Taman Tematik yang digagas sebagai pariwisata terintegrasi.

Pemaparan Gus Ipul tentang potensi-potensi tersebut diharapkan mendapat perhatian dari Komisi X DPR RI. Ia menyebutkan bahwa Kota Pasuruan memiliki banyak potensi yang perlu untuk dikembangkan terutama dalam hal pariwisata.

BACA JUGA: Kolabik Kota Pasuruan: Menyalakan Inovasi Pelayanan Publik, Memacu Inovasi Berdampak

Banyak hal yang mendukungnya. Utamanya karena lokasi Kota Pasuruan termasuk strategis untuk dijangkau investor. Kota ini diapit Kota Malang dan Kota Surabaya yang sudah jelas banyak potensi wisatanya.

"Kalau warga ke sini, datang ke dua kota tersebut, saya punya cita-cita mereka datang ke Kota Pasuruan untuk melihat Payung Madinah atau Taman Tematik Krampyangan," kata Gus Ipul.

Selain itu, Kota Pasuruan memiliki wisata religi dan heritage. Mengingat kota ini memiliki banyak bangunan peninggalan di zaman Belanda. Terdapat pula makam KH. Abdul Hamid sebagai wisata religi. 

"Sebelum Surabaya memiliki Pelabuhan Tanjung Perak, pelabuhan utama waktu itu namanya Pelabuhan Tanjung Tembikar di Kota Pasuruan. Di sini banyak bangunan peninggalan Belanda yang masih dikunjungi sebagai tempat wisata lo," ujar Gus Ipul.

Gus Ipul menjelaskan bahwa berbagai upaya dilaksanakan untuk mengembangkan wisata di Kota Pasuruan. Untuk mengiringi wisata heritage, Kota Pasuruan memiliki Payung Madinah yang terletak di Alun-Alun.

BACA JUGA: Usai Payung Madinah, Gus Ipul Hadirkan Replika Kakbah di Pasuruan

Akan dibangun pula Taman Mekkah di Taman Tematik Krampyangan. "Kami akan teruskan kota ini menjadi Kota Manasik terbesar di Indonesia. Itu kalau bisa. Karena potensi dan daya dukungnya cukup besar," jelas Gus Ipul

Deddy Yusuf, salah seorang anggota Komisi X DPR RI mengatakan bahwa penting sekali mengembangkan pariwisata berkelanjutan dan desa wisata. Desa wisata di Kota Pasuruan di antaranya didukung keberadaan Payung Madinah.

"Untuk menarik wisatawan berkunjung ke sini tentunya harus didukung dengan adanya rumah sementara atau biasa kita sebut dengan homestay," katanya.

Oleh karena itu, Deddy berharap ke depan Kota Pasuruan sudah siap dengan prasarana pendukung tersebut untuk menampung lebih banyak wisatawan. (Lailiyah Rahmawati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: