Ditjen Hubdat Jamin Sukseskan Libur Nataru 2023/2024 dengan Memanfaatkan Teknologi

Ditjen Hubdat Jamin Sukseskan Libur Nataru 2023/2024 dengan Memanfaatkan Teknologi

Direktur Lalu Lintas Jalan Ahmad Yani mengatakan bahwa peran teknologi sangat penting mengingat angkutan penyeberangan tidak dapat terlepas dari mobilisasi angkutan darat. --

HARIAN DISWAY - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan memanfaatkan teknologi dalam menyukseskan angkutan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru 2023/2024).

Direktur Lalu Lintas Jalan Ahmad Yani mengatakan bahwa peran teknologi sangat penting mengingat angkutan penyeberangan tidak dapat terlepas dari mobilisasi angkutan darat. 

"Untuk itu, pelaksanaan monitoring pergerakan kendaraan-kendaraan angkutan darat, baik melalui jalan nasional dan jalan tol, dapat dilakukan secara online, kata Ahmad Yani di Jakarta pada Jumat, 8 Desember 2023.

Pihaknya memanfaatkan teknologi dengan menggunakan kamera CCTV dan data LHR (Lalu Lintas Harian Rata-Rata) sehingga apabila ada anomali yang terjadi, pemerintah dapat mengambil langkah-langkah antisipasi dengan cepat dan tepat.

"Semua itu kami lakukan untuk melancarkan arus lalu lintas baik di pelabuhan dan jalan menuju pelabuhan," katanya.

BACA JUGA: BNNK Surabaya Razia Hiburan Malam di Wilayah Surabaya Pusat dan Barat

Ditjen Hubdat menggunakan teknologi di beberapa titik krusial dalam penanganan arus pergerakan masyarakat Nataru 2023/2024.

Beberapa titik krusial itu meliputi akses keluar masuk simpul-simpul transportasi, pasar tumbah, lokasi wisata, dan lokasi rawan longsor atau bencana alam lainnya.

Selain itu, fokus penanganan arus pergerakan masyarakat Nataru 2023/2024 di ruas jalan tol adalah penerapan manajemen dan pembatasan waktu masyarakat di rest area.

BACA JUGA: Akhirnya Semua Selamat…! India Bebaskan 41 Pekerja Terowongan yang 17 Hari Terjebak

"Kemenhub memiliki Sistem Informasi Angkutan dan Sarana Transportasi Indonesia (SIASATI) yaitu aplikasi untuk memantau informasi angkutan dan sarana transportasi pada kegiatan Lebaran, Natal, dan tahun baru Sub Sektor Kementerian Perhubungan," katanya.

Dijelaskannya, SIASATI adalah sistem informasi berbasis elektronik yang terintegrasi untuk pelaporan data operasional angkutan dan sarana transportasi terhadap kegiatan operasional transportasi di seluruh wilayah Indonesia.

BACA JUGA: Angin Segar Kenaikan UMP, Peningkatan Kesejahteraan Semu

Selain itu, masyarakat dapat mengunduh aplikasi Mitra Darat yang menyediakan beragam informasi dalam satu pintu terkait pengawasan, perizinan, dan operasional bidang transportasi darat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: