Perdana di Jatim: Universitas Hang Tuah Surabaya Buka Prodi Spesialis Kedokteran Kelautan

Perdana di Jatim: Universitas Hang Tuah Surabaya Buka Prodi Spesialis Kedokteran Kelautan

Pembukaan Prodi Spesialis Kedokteran Kelautan di Universitas Hang Tuah Surabaya.-Humas Universitas Hang Tuah-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya mengumumkan pembukaan Program Studi Spesialis Kedokteran Kelautan (Sp.KL), menjadikannya yang pertama di Jawa Timur. Keputusan itu diumumkan dalam acara yang dihadiri oleh Deny Kurniawan, M.Sc., Ph.D., mewakili Direktur Kelembagaan Menristek Dikti, di Ballroom Fakultas Kedokteran UHT, Rabu, 6 Desember 2023.

"Karena  pembukaan  untuk prodi PPDS Kedokteran Kelautan secara administrasi sudah tidak ada masalah dan  kendala. Universitas Hang Tuah termasuk Universitas terakreditasi unggul yang bisa mendirikan prodi spesialistik yang sesuai visi misi universitas," puji Deny.

Rektor UHT Laksamana Muda TNI (Purn) Prof Supartono menyatakan bahwa pembukaan program ini sejalan dengan visi UHT untuk menjadi Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemaritiman dan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni Kelautan yang Berkelas Dunia.

Fakultas Kedokteran UHT sendiri telah berdiri sejak 12 Mei 1987 dan pada akreditasi bulan Mei 2022, meraih status terakreditasi Unggul.

"Keberadaan dokter spesialis kelautan sangat penting untuk menangani isu-isu kesehatan yang berkaitan dengan kemaritiman," ujar Prof Supartono.

BACA JUGA:Mengenal Spesialis Kedokteran Kelautan, Prodi Baru Universitas Hang Tuah Surabaya

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan dr Hisnindarsyah: Ji Shao Zhi Ju

Dengan luas wilayah NKRI yang 2/3 terdiri dari lautan dan jumlah penduduk mencapai 270 juta, jumlah dokter spesialis kedokteran kelautan masih minim.

Saat ini baru ada satu Fakultas Kedokteran yang membuka prodi spesialis kedokteran kelautan, dan dengan adanya UHT, diharapkan jumlah lulusan dokter spesialis kelautan dapat meningkat.

Kolonel Laut (K) Hisnindarsyah merupakan calon Kaprodi Kedokteran Kelautan tersebut. Ia memberikan penjelasan terkait visi, misi, profil lulusan, kurikulum, capaian pembelajaran, serta tata pamong atau SPMI (Satuan Penjaminan Mutu Internal) prodi Sp.KL FK UHT.


Kolonel Laut (K) Hisnindarsyah (tengah) merupakan calon Kaprodi Kedokteran Kelautan Universitas Hang Tuah Surabaya.-Humas Universitas Hang Tuah-

"Evaluasi juga mencakup sarana dan prasarana yang dimiliki UHT, termasuk Laboratorium Biomulekuler dan Hiperbarik," ujarnya.

Ketua Lembaga Dikti Wilayah 7, Prof. Dr. Dyah Sawitri menyampaikan urgensi pembukaan spesialisasi kedokteran kelautan di Jawa Timur.

"Dokter Sp.KL diharapkan dapat menangani keadaan darurat dan mencegah masalah kesehatan di wilayah laut, pantai, dan pesisir," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: humas universitas hang tuah