Orang Tua Wajib Tau! Ini Ciri-ciri Anak yang Mengalami Bullying

Orang Tua Wajib Tau! Ini Ciri-ciri Anak yang Mengalami Bullying

Orang tua harus tahu ciri-ciri bulying yang terjadi pada anak-iStock-

HARIAN DISWAY – Belakangan ini kasus bullying yang terjadi di lingkungan pendidikan semaikin marak terjadi. Ironisnya kasus bullying saat ini banyak terjadi di jenjeng pendidikan dasar. 

Perilaku bullying merupakan perilaku tercela yang tentu tidak ada satu pun orang tua yang ingin hal tersebut terjadi kepada anak mereka. Sayangnya, banyak orang tua yang tidak sadar bahwa anak mereka telah menjadi korabn bullying. 

Anak yang mengalami pembullyan, baik secara verbal atapun non verbal akan bersiko tinggi mengalami traumatis dan depresi sehingga mereka akan kesulitan dalam menjalankan kehidupan secara normal.

Oleh karena itu orang tua memeiliki peran besar untuk mendampingi si anak agar terhindar dari kasus pembullyan. Berikut ciri-ciri anak yang mengalami Bullying yang orang tua wajib tahu.

BACA JUGA: Kisah Harry Maguire yang Sudah Kebal Bullying

Ciri-ciri Anak yang Mengalami Bullying

1. Perubahan Emosi

Seorang anak yang menjadi korban bullying akan mengalami perubahan emosi. Mereka biasanya menjadi lebih pendiam dan tertutp, sering merasa cemas, dan mudah murah. 

2. Penurunan Nilai Akademik

Anak yang menjadi korban bullying menjadi sulit berkonsentrasi karena selalu merasa cemas dan ketakutan. Biasanya meraka akan merasa takut untuk pergi sekolah dan bertemu dengan pelaku perundungan. Mereka juga merasa tidak berharga sehingga memengaruhi nilai akademik mereka.

3. Cedera Fisik

Cedera pada anak-anak ketika bermain memang seringkali terjadi. Namun apabila anak mengalami cedera yang tidak wajar seperti memar, lebam, dan luka-luka lain di area tangan atau badan, maka orang tua wajib curiga.

4. Kehilangan Barang Pribadi

Biasanya kasus perundungan disertai dengan pemalakan dan tindakan pengambilan paksa barang-barang dari korban bullying.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: