Gilas Barcelona: Skuad Girona FC, dari Buangan Jadi Berlian

Gilas Barcelona: Skuad Girona FC, dari Buangan Jadi Berlian

Girona sempat turun ke kasta kedua La Liga di musim 2018/2019-Instagram @gironafc-

HARIAN DISWAY - Girona FC menjelma menjadi tim kuat di La Liga musim 2023/2024. Tim berjuluk Blanquivermells itu, menjadi pemuncak klasemen sementara La Liga pekan ke-16 dengan koleksi 41 poin. 

Daley Blind cs terpaut dua poin dari Real Madrid di posisi kedua. Girona bisa menduduki puncak klasemen setelah menekuk Barcelona dengan skor menohok 4-2. 

Ya begitulah sepak bola. Sulit untuk diprediksi. Saat musim dimulai, tak ada yang menaruh harapan besar untk Girona bisa bersaing di papan atas. 

Namun nyatanya mereka bisa memberi kejutan. Blanquivermells harus saling sikut dengan Real Madrid untuk berebut puncak klasemen. 

BACA JUGA:Kalahkan Barcelona 4-2, Girona Bicara Juara

BACA JUGA:Update Liga Spanyol: Laga Granada vs Bilbao Dihentikan karena Ada Suporter Meninggal di Tribun

Lantas apa yang membuat Girona bisa begitu perkasa di musim ini? Apakah sang pelatih? atau pemain? Mari kita bahas satu persatu. 

Pelatih 


Michel Sanchez sang juru taktik yang menjadi sosok penting di kubu Girona FC musim ini -Instagram @gironafc-

Miguel Ángel Sánchez Muñoz

Pelatih yang kerap disapa Michel itu, menjadi salah satu pilar kesuksesan Girona. Juru taktik berusia 48 tahun itu, memiliki peran penting saat membawa Girona promosi ke Liga utama Spanyol di musim 2022/2023. 

Sebelum menukangi Girona, Michel sempat menjadi pelatih kepala Rayo Vallecano (2017-2019) dan SD Huesca di musim (2019-2021).  

Michel juga sukses membawa kedua klub itu naik ke kompetisi tertinggi sepak bola Spanyol, alias La Liga. Rayo Vallecano promosi di tahun 2017/2018, lalu Huesca di tahun 2019/2020 dengan menyandang gelar juara Segunda Division. 

BACA JUGA:Tim Ajaib Girona Sambangi Barcelona: Siapa Penguasa Catalunya Musim Ini?

Setelah mengakhiri kerja sama dengan Huesca, Michel memutuskan bergabung bersama Girona. Tak butuh waktu lama bagi Michel untuk meramu skuad mematikan Girona. 

Hingga akhirnya, di musim 2022/2023, mereka bisa tampil lagi di La Liga setelah melewati babak playoff. Di akhir musim itu, Girona duduk di peringkat 10 klasemen. 

Namun di musim ini, Michel berhasil membuat Girona terbang tinggi. Bersama pelatih kelahiran Madrid itu, Girona mengunci peringkat pertama di pekan ke-16 La Liga.

Kedalaman Skuad


Girona sang penguasa sementara La Liga musim 2023/2024-Instagram @gironafc-

Dari segi kedalaman skuad, hampir tak ada nama beken yang ada di kubu Girona. Kebanyakan mereka adalah pemain "buangan" timnya. Sebut saja Daley Blind, Eric Garcia, dan Paulo Gazzaniga. 

Daley Blind adalah pemain belakang yang musim lalu memperkuat Bayern Munchen. Mengingat usianya yang tak lagi muda, Bayern Munchen melepas Blind ke Girona dengan gratis. 

Tak hanya Blind, sang penjaga gawang Paulo Gazzaniga, juga diperoleh secara cuma-cuma dari Fulham. Mereka pun bisa saling bahu membahu membawa Girona bersaing di papan atas La Liga. 

BACA JUGA:Kaki Erling Haaland Dikabarkan Patah, Pep Guardiola Berikan Penjelasan

Sama halnya dengan Eric Garcia. Stopper muda berusia 22 tahun itu, sedang mengalami masa peminjaman dari Barcelona. 

Bersama Blaugarana - julukan Barcelona - dia tak mendapat tempat. Posisinya tergantikan oleh Jules Kounde, Ronald Araujo, dan Andres Christensen. 

Xavi Hernandez - pelatih Barcelona - pun meminjamkannya ke Girona agar sang pemain mendapat menit bermain lebih. Berikut adalah skuad Girona FC di La Liga musim 2023/2024. 

Kiper:

Paulo Gazzaniga

Juan Carlos

Toni Fuidias

BACA JUGA:Liverpool Doyan Comeback, Crystal Palace Jadi Korban

Belakang:

Eric García (Pinjaman dari Barcelona hingga 30 Juni 2024)

David López

Daley Blind

Bernardo Espinosa

Juanpe

Miguel Gutierrez

Arnau Martinez

Yan Couto (Pinjaman dari Manchester City hingga 30 Juni 2024)

Tengah:

Ibrahim kobe

Aleix Garcia

Yangel Herrera

Jhon Solis

Pablo Torre (Pinjaman dari Barcelona hingga 30 Juni 2024)

Ivan Martin

Borja Garcia

Depan:

Savio (Pinjaman dari ESTAC Troyes hingga 30 Juni 2024)

Toni Villa

Viktor Tsygankov

Portu

Valery Fernandez

Artem Dovbyk

Cristhian Stuani

(Fransisco)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: