Antisipasi Lonjakan Covid-19 Jelang Libur Nataru, Kemenkes Minta Masyarakat sudah Vaksin sampai Booster Kedua

Antisipasi Lonjakan Covid-19 Jelang Libur Nataru, Kemenkes Minta Masyarakat sudah Vaksin sampai Booster Kedua

Ilustrasi pelabuhan yang dipadati masyarakat saat menjelang libur Nataru. -Kementerian Kesehatan RI-sehatnegeriku.kemkes.go.id

HARIAN DISWAY- Kementerian Kesehatan RI sangat merekomendasikan vaksinasi Covid-19 sudah dilengkapi oleh seluruh masyarakat Indonesia di tengah kasus Covid-19 yang kembali melonjak. 

Ditambah lagi, perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) semakin dekat. Hari libur Nataru inilah sekiranya bisa membuat mobilitas masyarakat semakin tinggi.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan, sejumlah negara di Asia Tenggara dilaporkan mengalami peningkatan kasus Covid-19 seperti Singapura, Malaysia, Filipina, termasuk Indonesia.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid mengatakan dalam surat edaran tentang Kewaspadaan Terhadap Lonjakan Covid-19 bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri bahwa pelaku perjalanan luar negeri mempunyai risiko tertular Covid-19 akibat interaksi dengan orang lain dari berbagai negara.

BACA JUGA: Libur Nataru, Boleh Titip Barang di Kantor Polisi

Maka dari itu, Nadia mengimbau setiap orang perlu dipastikan mempunyai kekebalan yang cukup untuk melakukan perjalanan sehingga orang Indonesia tidak tertular dan menjadi sumber penularan selama perjalanan dan ketika kembali ke tanah air.

”Sehingga kami sangat merekomendasikan seluruh masyarakat untuk segera melengkapi vaksinasi Covid-19 baik dosis primer maupun booster sesuai ketentuan,” ujar Nadia di Jakarta pada 11 Desember 2023.

Nadia juga mengingatkan akan pentingnya upaya memastikan tersedianya pelayanan vaksinasi Covid-19 agar tingkat imunitas masyarakat tetap tinggi.

”Kepala Dinas Kesehatan provinsi dan kabupaten/kota diminta untuk memastikan semua puskesmas dan fasyankes lainnya yang berada di wilayah kerjanya tetap memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19,” imbuhnya.

"Pemerintah daerah juga diminta untuk menjamin ketersediaan vaksin dan logistik lainnya. Pemerintah daerah juga harus memastikan masyarakat mendapatkan informasi dengan baik mengenai lokasi mendapatkan layanan vaksinasi Covid-19," lanjut Nadia.

BACA JUGA: Ditjen Hubdat Jamin Sukseskan Libur Nataru 2023/2024 dengan Memanfaatkan Teknologi

Sebagai langkah pencegahan, Nadia membagikan sejumlah antisipasi yang bisa dilakukan oleh masyarakat, yakni:

1. Masyarakat yang merasakan gejala batuk flu, Anda bisa segera lakukan tes Covid-19. Jika hasilnya positif, maka Anda harus lakukan isolasi mandiri dan akses telemedisin setelah mendapatkan notifikasi dari Kemenkes.

2. Setiap individu harus menggunakan masker saat sedang sakit flu, berada di kerumunan, dan berada di  tempat umum yang berisiko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sehatnegeriku.kemkes.go.id