Pertama di Indonesia, Bank Jatim Catat Rekor MURI dengan Akad Kredit Konsumer Terbanyak

Pertama di Indonesia, Bank Jatim Catat Rekor MURI dengan Akad Kredit Konsumer Terbanyak

Foto bersama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim). -PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim)-

HARIAN DISWAY - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim), berhasil mencetak prestasi dengan memecahkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI).

Rekor itu dicatat karena 2.312 debitur melakukan tanda tangan akad kredit secara serempak di seluruh cabang. Termasuk di luar Jawa Timur.

Kegiatan yang diberi nama Akad Massal Kredit Konsumer 12.12 dilakukan secara offline dan hybrid melalui platform Zoom pada Selasa, 12 Desember 2023. Total penyaluran kredit mencapai Rp 310,4 miliar.

Penghargaan MURI diserahkan oleh Direktur Operasional MURI, Jusuf Ngadri, kepada Direktur Utama Bank Jatim, Busrul Iman, yang didampingi oleh SEVP Consumer Banking, Hermita. Total nilai penyaluran kredit kepada 2.312 debitur mencapai Rp 310,4 miliar.

BACA JUGA: Bayar Jajan Pakai Kartu Identitas Anak, Pemkot Surabaya Gandeng BI dan Bank Jatim

Busrul Iman menjelaskan bahwa peserta yang mengikuti akad massal ini adalah debitur konsumer dengan berbagai skema kredit, seperti Kredit Multiguna, Cash Collateral Credit, Kredit Kepemilikan Kendaraan Bermotor, Kredit Kepemilikan Properti Rumah, Kredit Konsumsi Beragun Properti, dan Kredit Jaminan Emas.

Dia menekankan bahwa Kredit Konsumer telah membantu banyak nasabah memenuhi kebutuhan mereka, meningkatkan daya beli masyarakat. 
Bank Jatim raih prestasi dengan memecahkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI). -PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) -

Tujuan dari pelaksanaan akad massal ini, yakni untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa Bank Jatim siap mendukung pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur melalui sektor kredit konsumer.

Hal ini sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Jawa Timur pada Triwulan II 2023 yang mencapai 5,24 persen (YoY), angka yang lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan nasional.

Busrul juga menyatakan bahwa potensi dari pelaksanaan akad kredit massal ini sangat besar untuk kelanjutan bisnis Bank Jatim. Dia menggarisbawahi bahwa realisasi kredit konsumer dapat meningkatkan daya beli masyarakat, membangkitkan sektor produktif dengan melibatkan UMKM.

BACA JUGA: Bank Jatim Bakal Salip Bank Jabar Tahun Ini

"Nah, di setiap realisasi kredit konsumer diharapkan debitur langsung menginstall JConnect Mobile. Sehingga lewat langkah ini dapat meningkatkan transaksi perbankan dan berdampak terhadap pertumbuhan fee base income," katanya.

"Selain itu, juga diharapkan dapat membangun image yang baik terhadap produk Kredit Konsumer bankjatim jadi ke depan program Rekor Muri ini dapat berkembang dan berkelanjutan, tidak cuma sampai di sini saja,” tegasnya. 

Dalam kinerja keseluruhan portofolio kredit konsumer Bank Jatim, Busrul mencatat bahwa skema Kredit Multiguna (KMG) menjadi kontributor terbesar, mencapai 85 persen dari aspek outstanding dan 93 persen dari jumlah debitur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: